Analisis Daya Dukung Wilayah (Carrying Capacity Ratio) Sebagai Salah Satu Alat Analisis Dalam Perencanaan Pembangunan Pertanian Daerah

Manek, JanuariusMeinaldoIrimida (2015) Analisis Daya Dukung Wilayah (Carrying Capacity Ratio) Sebagai Salah Satu Alat Analisis Dalam Perencanaan Pembangunan Pertanian Daerah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan pembangunan daerah khususnya sektor pertanian banyak menggunakan alat analisis, salah satu alat analisis perencanaan yang dipakai adalah Analisis Daya Dukung (Carrying Capacity Ratio/CCR). Perencanaan Pertanian di Kabupaten Belu selama ini belum menggunakan analisis CCR sehingga analisis ini disarankan untuk digunakan dalam perencanaan pertanian di Kabupaten Belu karena analisis ini dapat memberikan gambaran mengenai daya dukung wilayah pertanian yang ada di Kabupaten Belu dan dari gambaran daya dukung yang dianalisis dapat dijadikan bahan untuk melakukan penilaian arah pembangunan pertanian di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada : 1) Kemampuan daya dukung lahan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Belu, 2) Pemanfaatan analisis daya dukung wilayah pertanian tanaman pangan di Kabupaten Belu yang dapat diberikan untuk perencanaan pembangunan pertanian daerah di Kabupaten Belu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan daya dukung lahan pertanian tanaman padi (sawah) di Kabupaten Belu belum mampu untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Kabupaten Belu juga tidak memiliki lahan pertanian tanaman kedelai walaupun memiliki lahan yang bisa ditanami tanaman kedelai. Kemampuan daya dukung lahan pertanian tanaman jagung sangat besar (surplus) sedangkan tanaman ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, dan kacang hijau masih mampu mendukung kebutuhan masyarakat Kabupaten Belu. Arah pembangunan pertanian di masa yang akan datang berdasarkan hasil analisis ini yaitu dengan menyusun program pembangunan sawah irigasi teknis, menyusun program penyuluhan pembudidayaan tanaman kedelai di Kabupaten Belu agar daya dukung lahan pertanian sawah dan kedelai dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Belu sedangkan untuk daya dukung tanaman jagung yang besar dapat dimanfaatkan dengan menyusun program usaha tani agar produksi jagung yang besar dapat diolah menjadi bahan makan yang mempunyai nilai tambah yang menguntungkan petani Kabupaten Belu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/494/051507239
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 15:28
Last Modified: 05 Oct 2015 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117557
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item