Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Pedesaan (Studi Pada (Studi Terhadap Pemberdayaan Peternak Lele melalui Pendidikan dan Pelatihan di Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Ked

AolyaSofinisa, (2015) Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Pedesaan (Studi Pada (Studi Terhadap Pemberdayaan Peternak Lele melalui Pendidikan dan Pelatihan di Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Ked. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” terhadap masyarakat Desa Paron Kabupaten Kediri. Adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelompok Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” ini agar dapat memberikan nilai ekonomi lebih kepada masyarakat Desa Paron Kabupaten Kediri. Seiring berjalannya pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOOYO” ini menunjukkan progress yang cukup baik bagi warga masyarakat Desa Paron. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilalkukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberma, dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pihak Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” dimulai dengan adanya pelatihan dan pendidikan yang diberikan kepada warga Desa Paron dan berjalan dengan baik hingga saat ini. Adanya peran pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri adalah untuk melihat proses pemberdayaan yang telah dilakukan oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” dengan adanya pelatihan dan pendidikan yang diberikan kepada setiap anggota kelompok. Faktor pendukung pemberdayaan meliputi kerjasama, fasilitas, pemeliharaan dan dukungan pemerintah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah sumber daya manusia dan ikan lele sebagai hewan yang sensitif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagi Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri pemberdayaan sebaiknya perlu dapat dilakukan dengan lebih baik lagi. Bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” sebaiknya lebih memberikan sosialisasi mengenai adanya pemberdayaan masyarakat di Desa Paron. Bagi masyarakat anggota Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Lele “JOYOBOYO” supaya lebih giat dalam budidaya ikan lele organic serta mendukung adanya pemberdayaan masyarakat yang sedang berjalan saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/491/051507236
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:35
Last Modified: 05 Oct 2015 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117554
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item