Penerapan Electronic Government dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Sebagai Pendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten Sragen)

HenniFariha (2015) Penerapan Electronic Government dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Sebagai Pendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten Sragen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis penerapan electronic government dalam sistem informasi pemerintahan daerah sebagai pendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah di kabupaten Sragen. Perkembangan teknologi yang semakin kompleks mengharuskan lembaga pemerintahan juga harus mengubah citra pemerintahan yang dinilai kaku menjadi lebih lentur dengan mengadopsi nilai-nilai teknologi. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa Pemerintah harus mampu membentuk dimensi baru ke dalam organisasi, sistem manajemen, dan proses kerja yang lebih lentur melalui penerapan electronic government dalam sistem informasi pemerintahan daerah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan situs penelitian terletak di Kantor Pengelola Data Elektronik Kabupaten Sragen. Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan sistem informasi pemerintahan daerah Kabupaten Sragen beserta strateginya serta faktor penghambat dalam penerapan sistem informasi pemerintahan daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan electronic government dalam sistem informasi pemerintahan daerah di Kabupaten Sragen dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan mengandalkan teknologi tepat guna. Keberlanjutan penerapan sistem informasi pemerintahan daerah Kabupaten Sragen dapat terwujud melalui strategi yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Sragen serta goodwill dari pimpinan tertinggi Kabupaten Sragen yang mengamanatkan seluruh penyelenggaraan pemerintahan daerah melibatkan teknologi informasi dan komunikasi. Strategi dibentuk melalui jaringan organisasi pendukung, pemanfaatan teknologi informasi, sistem manajemen dan proses kerja pemerintah, dan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia. kendala yang ada pada penerapan sistem informasi pemerintahan daerah yaitu kendala dari segi sumber dana yang masih terbatas, masalah maintenance jaringan, hingga masalah pada sumber daya manusia yang beberapa belum running well terutama di tingkat desa. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya upgrade dan penggerakan sumberdaya manusia. Selain itu perlu adanya upaya maintenance yang terorganisir terutama di wilayah yang jauh dari pusat kota Sragen. Perlu diambil langkah preventif untuk menghadapi bencana yang terjadi dengan membangun Disaster Recovery Plan. Diharapkan juga adanya rancangan anggaran secara menyeluruh khusus untuk penerapan teknologi informasi di Kabupaten Sragen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/490/051507235
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 15:04
Last Modified: 05 Oct 2015 15:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117553
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item