Efektivitas Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simrenda) (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang)

BudhiSetianingsih (2015) Efektivitas Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simrenda) (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu aspek penting bagi keberhasilan pembangunan daerah adalah terdapatnya badan atau satuan kerja yang baik serta adanya sistem informasi yang mendukung. Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simrenda) merupakan aplikasi untuk membantu menyusun buku Musrenbang, Renja SKPD, RKPD dan KUA dan PPA. Simrenda ini dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) yang telah digunakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Keberadaan Simrenda ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah, sehingga perumusan perencanaan pembangunan daerah dan target realisasinya dapat tercapai secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simrenda) di Kota Malang, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat efektivitas Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (Simrenda) di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang sebagai pihak yang terlibat langsung dalam pengoperasian Simrenda melalui SKPD terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan Pembangunan yang dilakukan oleh Bappeda Kota Malang melalui pengaplikasian Simrenda masih belum efektif. Hal ini disebabkan dinamika perencanaan pembangunan di Kota Malang masih belum tercover secara maksimal oleh Simrenda, minimalnya upaya identifikasi permasalahan pembangunan daerah dalam aplikasi Simrenda, terbatasnya kemampuan sumber daya manusia di Bappeda dalam mengaplikasikan Simrenda serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap hasil pembangunan daerah di Kota Malang yang masih rendah. Pengaplikasian Simrenda oleh Bappeda Kota Malang didukung oleh keberadaan Perguruan Tinggi yang berkualitas serta adanya sosialisasi dan pelatihan Simrenda oleh Dinas Kominfo. Di sisi lain, pengaplikasian Simrenda masih terhambat oleh rendahnya profesionalisme staf Bappeda, keterbatasan anggaran serta belum memadainya sarana dan prasarana yang dimiliki. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Bappeda diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya melalui pemaksimalan sumber daya yang dimiliki serta koordinasi dengan SKPD lain yang terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/478/051507225
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 06 Oct 2015 14:00
Last Modified: 06 Oct 2015 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117535
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item