Ulansari, LynaUkti (2015) Inovasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Kejuruan (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang) Inovasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dalam Meni. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan jaman yang semakin pesat dibarengi dengan penciptaan teknologi informasi yang semakin canggih sehingga membuat perubahan terhadap aktifitas maupun pola pikir manusia. Perubahan tersebut terjadi di setiap aspek kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan. Dengan diberlakukannya UU No. 32/2004 (diperbarui dengan UU No. 23/2014) tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, membuat pengelolaan pendidikan menjadi bersifat otonom. Hal ini yang kemudian membuat sekolah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi atau perubahan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis inovasi sekolah berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan kejuruan di SMK PGRI 3 Malang beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMK PGRI 3 Malang, sedangkan situs penelitiannya adalah ruang guru, ruang kelas, dan bagian-bagian lain yang ada hubungannya dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat beberapa bentuk inovasi sekolah berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan kejuruan di SMK PGRI 3 Malang antara lain : (1) Penyediaan sarana pendidikan berbasis Teknologi Informasi; (2) Pengembangan kemampuan staf pengajar di Bidang Teknologi Informasi; (3) Kerjasama dengan dunia industri dalam penyediaan sarana pendidikan berbasis Teknologi Informasi; (4) Pemanfaatan Komputer Tablet dalam Pembelajaran; (5) Mengikutsertakan siswa-siswi dalam lomba di bidang Teknologi informasi. Saran dari penelitian ini adalah; (1) Pelatihan guru dilakukan secara intensif; (2) Pengurangan penggunaan buku digantikan dengan e-Book dalam Komputer Tablet; (3) Pemilihan Komputer Tablet dengan spesifikasi yang baik;
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/475/051507222 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 06 Oct 2015 10:14 |
Last Modified: | 06 Oct 2015 10:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117532 |
Actions (login required)
View Item |