Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Operasionalisasi Program Mobil Sehat (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Kedungpring Kabupaten Lamongan)

Siswanto, Heri (2015) Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Operasionalisasi Program Mobil Sehat (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Kedungpring Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah kebutuhan yang harus dipenuhi dan begitu pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Mengingat sekarang permasalahan dalam bidang kesehatan yang semakin kompleks, maka diperlukan suatu program untuk solusi permasalahan kesehatan tersebut. Berawal dari pemikiran tersebut Pemerintah Kabupeten Lamongan membuat program baru dalam bidang kesehatan yaitu mobil sehat. Program mobil sehat adalah program unggulan Kabupaten Lamongan pada tahun 2014, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lamongan, terutama masyarakat miskin yang selama ini kurang dalam pemenuhan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan melalui program mobil sehat diutamakan terhadap kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Namun dalam pelaksanaanya seringkali kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan sebelum dan sesudah adanya pelayanan mobil sehat pada UPT Puskesmas Kedungpring dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam kualitas pelayanan kesehatan dalam operasionalisasi program mobil sehat pada UPT Puskesmas Kedungpring Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana untuk mendapatkan informasi digunakan teknik wawancara dan observasi mengenai kualitas pelayanan kesehatan dalam operasionalisasi program mobil sehat. Lokasi penelitian yaitu berada di Kabupaten Lamongan, sedangkan situs penelitian yaitu di UPT Puskesmas Kedungpring Kabupaten Lamongan. Dimensi yang menjadi pengukur kualitas pelayanan kesehatan dalam operasionalisasi program mobil sehat adalah reability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan dalam operasionalisasi program mobil sehat dapat dikategorikan baik. Akan tetapi, beberapa dimensi masih harus diperbaiki, walaupun beberapa dimensi lainnya sudah bagus. Beberapa dimensi yang sudah bagus antara lain responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Kemudian dimensi yang masih harus diperbaiki adalah reability. Untuk mewujudkan kualitas pelayanan kesehatan dalam operasionalisasi program mobil sehat ada faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/456/051507203
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 13:44
Last Modified: 05 Oct 2015 13:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117511
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item