Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Kota Batu).

YosefKopertinoBai (2015) Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan dan fungsi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sangat menentukan. peran teresebut tidak sekedar proses pelaksanaanya saja, melainkan turut serta dalam merumuskan tujuan, rencana dan program-program pembangunan. Penelitian ini didasarkan pada tugas pemerintah yaitu Badan Perenecanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yaitu sebagai koordinator atau jembatan penghubung dari masyarakat dengan SKPD terkait yaitu melayani, menampung dan melaksanakan aspirasi masyarakat sesuai dengan program/kegiatan yang dicanangkan. Sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa tentang Kinerja Bappeda Kota Batu dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan bagi. Dalam memenuhi kinerja pelayanan Bappeda yang ada tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang bersumber dari Bappeda Kota Batu. Selanjutnya untuk data sekunder bersumber dari dokumen, petunjuk teknis pelaksanaan program/kegiatan Bappeda realisasi anggaran,dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang perencanaan pembangunan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Bappeda Kota Batu dalam perencanaan pembangunan termasuk baik, diwujudkan dengan menggabungkan indikator Kinerja yaitu input, output, outcome, efisiensi, dan efektifitas. Namun demikian masih terdapat masalah di lapangan terkait kinerja Bappeda yaitu masih kurangnya koordinasi Bappeda Batu dengan SKPD-SKPD yang ada di Kota Batu, jumlah sumber daya manusia yang belum memadai, keterbatasan anggaran, tidak tepat waktu. Untuk itu Bappeda Kota Batu dan SKPD terkait saling berkerjasama yang baik untuk meningkatkan kinerja Bappeda melalui program-program yang telah disusun agar apa yang direncanakan sesuai dengan target/capaian Kinerja Bappeda Kota Batu Dalam Perencanaan Pembangunan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/454/051507201
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 13:54
Last Modified: 05 Oct 2015 13:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117509
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item