Pravitasari, NoritaDebby (2015) Proses Layanan Mandiri (Self Service) Pada Sistem Peminjaman, Pengembalian Dan Perpanjangan Koleksi Dalam Menunjang Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dan pentingnya informasi dalam dunia pendidikan sehingga menuntut penyedia pelayanan jasa informasi di perpustakaan untuk lebih mudah diakses oleh para pemustakanya. Ketersediaan informasi semakin dituntut sejalan dengan keinginan masyarakat yang membutuhkannya. Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat, akurat, tepat, mudah, murah dan spesifik inilah yang harus disikapi oleh para pustakawan maupun pengelola perpustakaan. Sikap yang harus ditunjukan adalah dengan menyediakan kebutuhan masyarakat sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, telah dibentuk sistem secara online dalam beberapa layanan di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Salah satunya yaitu layanan berbasis teknologi dengan sistem komputerisasi untuk proses peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi secara mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisa proses peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi secara mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung dalam menunjang kepuasan penggguna perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan dan data sekunder yang berupa dokumen dari Perpustakaan Universitas Ma Chung. Proses layanan mandiri dalam sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi dapat dilakukan dengan komputer pelayanan self service yang ada di perpustakaan Universitas Ma Chung, dan pemustaka juga dapat melakukan pemesanan dan perpanjangan koleksi diluar perpustakaan dengan masuk di website perpustakaan http://lib.machung.ac.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak diterapkan sistem layanan mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung pada tahun 2012 masih ada permasalahan yang yang ditemui ketika proses peminjaman, pengembalian serta perpanjangan koleksi. Salah satunya yaitu permasalahan dari sistemnya yang pernah error ketika digunakan, lambatnya jaringan internet di Perpustakaan Universitas Ma Chung dan seringkali struk bukti peminjaman yang tidak keluar. Akan tetapi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat dari sistemnya tersebut dapat dibantu dengan tanggapnya pelayanan dari petugas perpustakaan sehingga pemustaka tetap merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan.
English Abstract
As the information and communication technology and its importance in the education systems have been developing these recent years, the providers of information services on library have to be more accessible to its users. The availability of information was increasingly demanded in line with the people’s anxiety that need it. The citizen’s needs of the fast information, accurate, precise, easy, inexpensive and specific which must be addressed by the librarian or library manager. The attitude which should be shown was providing the needs of the community in accordance with their wishes. Therefore, it has been established an online system in some services at Ma Chung University Library. One of the services provided was a technology-based service with a computerized system for the process of borrowing, repayment and extension of the collection independently at Ma Chung University Library. The purpose of this study was to determine, describe, and analyze the process of borrowing, returning and extension of the collection independently (self service) at Ma Chung University Library in supporting the library users’ satisfaction. This study used qualitative research method with the source primary data obtained through interviews with informants and secondary data such as documents gotten from Ma Chung University Library. The process of self-service in the system of borrowing, returning and extension of the collection could be done with self-service computer services at Ma Chung University library, and the library users could also make reservations and extension of the collection outside the library by surfing on the library website http://lib.machung.ac.id. The results showed that since the application of self-service system at Ma Chung University Library in 2012, there were still some problems encountered during the process of borrowing, returning, and extension of the collection. There were once an error found when the system was used, slow internet connection at Ma Chung University Library, and the proof of borrowing receipt did not come out. However, the problems arising from the system could be aided by the responsive services of the librarian, so that the library users could still feel satisfied and comfortable with the services provided.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/451/ 051506718 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 14:46 |
Last Modified: | 09 Oct 2015 14:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117506 |
Actions (login required)
View Item |