Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Profitabilitas (Studi Pada Sektor Mining Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Fauzi, MohammadNur (2015) Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Profitabilitas (Studi Pada Sektor Mining Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap investor menginginkan mendapatkan keuntungan dari modal yang di investasikan dalam perusahaan berupa dividen yang tinggi. Perusahaan yang membagikan dividen rendah memberikan sinyal bahwa perusahaan memiliki profit yang rendah, oleh karena itu perusahaan mencari dana dari pihak luar untuk memenuhi kebutuhannya. Perusahaan yang membagikan dividen tinggi memberikan sinyal positif kepada pasar dan investor bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik. DPR dan DY merupakan pengukuran dari kebijakan dividen. Perusahaan selalu menginginkan pertumbuhan yang tinggi. Apabila perusahaan memiliki pertumbuhan yang rendah mengindikasikan bahwa memiliki laba ditahan yang rendah, sehingga perusahaan mencari dana ekternal kepada pihak luar berupa hutang untuk memenuhi kebutuhannya. Pertumbuhan perusahaan dari penjualan yang digunakan untuk membayar hutang dapat menurunkan profitabilitas. Pertumbuhan perusahaan yang digambarkan dengan perkembangan aset yang diperoleh melalui hutang akan menurunkan profitabilitas. AG dan SG merupakan pengukuran pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang memiliki struktur modal yang tinggi memberikan peluang lebih besar terhadap kebangkrutan dan kesulitan keuangan, sehingga dapat mempengaruhi profitabilitas. DR dan DER merupakan pengukuran dari struktur modal. ROA, ROE, dan NPM merupakan pengukuran profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal dan profitabilitas. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sektor Mining yang terdaftar di BEI periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria-krietria yang telah ditentukan diperoleh 11 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, kebijakan dividen berpengaruh signifikan dan positif terhadap profitabilitas, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap profitabilitas, struktur modal berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pofitabilitas. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat menjadi informasi penting bagi investor dan perusahaan dalam kegiatannya.

English Abstract

Any investor wants to benefit from the capital invested in the company with higher dividends. Companies that distribute dividends low gives an signal that company has low profit, thus company seeking funds from outside parties to fill their needs. Companies that distribute dividends high give an positive signal to market and investor that company has good condition. DPR and DY are measurement of dividend policy. The company always wants high growth. If the company has a low growth indicated that have low retained earning, thus the companies seeking funds outside parties to fill their needs. The company growth from sales is used to pay debt can lower profitability. The company’s growth is illustrated by the asset growth acquired through debt can reduce profitability. AG and SG are measurement of the company growth. Companies that have high capital structure give an opportunity higher than financial distress and bangkruptcy, thus can influence profitability. DR and DER are measurement of capital structure. ROA, ROE, and NPM are measurement of profitability. This research aims to know the influence of dividend policy and company growth to capital structure and profitability. This research type is explanatory researh with quatitatif approach. The population of this research is the Mining sector listed on BEI period 2011-2013. Sampling technique used was purposive sampling. Based on criteria of the specified retrieved 11 companies as research sample. Data analysis techniques use in this research is Partial Least Square (PLS). The result of this research indicate dividend policy significant negative effect to capital structure, company growth significant negative effect to capital structure, dividend policy significant positive effect to profitability, company growth not significant negative effect to capital structure, capital structure significant negative effect to profitability. Based on this researc, is expected to be important information for investor and companies in its activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/432/ 051506342
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Oct 2015 15:42
Last Modified: 07 Oct 2015 15:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117485
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item