Revitalisasi Angkutan Umum Massal Terintegrasi melalui Layanan Bus APTB dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Transportasi. (Studi pada Layanan Bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway)

RuthNatalia (2015) Revitalisasi Angkutan Umum Massal Terintegrasi melalui Layanan Bus APTB dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Transportasi. (Studi pada Layanan Bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas permasalahan meningkatnya kendaraan pribadi dan menurunnya penggunaan angkutan umum. Sehingga berpengaruh kepada kemacetan yang semakin meningkat di kota Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan revitalisasi angkutan massal terintegrasi melalui bus APTB yang dilakukan pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan transportasi di DKI Jakarta sehingga merangsang minat masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan umum. Serta mengetahui apakah layanan bus APTB sudah sesuai dengan standar pelayanan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa model interaktif Miles dan Huberman, terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa revitalisasi angkutan massal terintegrasi melalui layanan bus APTB yang dilakukan adalah melalui intervensi fisik, revitalisasi social dan revitalisasi institusional. Intervensi fisik yang dilakukan adalah meliputi peremajaan fisik bus dan operasional bus yang disetarakan dengan pelayanan busway Transjakarta, terintegrasi dengan bus Transjakarta, dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung operasional bus. Sejauh ini pelayanan APTB juga memberi dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang dapat diartikan adanya revitalisasi social. Proses revitalisasi yang baik juga didukung dengan adanya pengembangan institusi, dalam menciptakan layanan bus APTB pemerintah bekerja sama dengan actor lain sebagai penyedia layanan bus. Keberhasilan layanan Bus APTB dapat dilihat dari kesesuaian pelayanan bus dengan standar pelayanan minimum yang ditetapkan. Jenis pelayanan bus APTB dapat dilihat dari 6 aspek yaitu : Keamanan, Keselamatan, Kenyamanan, Kesetaraan, Keterjangkauan, dan Keteraturan. Saran dari peneliti bagi pemeritah yang dapat dijadikan pertimbangan adalah kedepannya pemerintah dan pihak terkait dapat bekerjasama dengan lebih baik lagi dalam menciptakan layanan bagi masyarakat. Diharapkan kedepan, pemerintah dapat mengevaluasi program layanan bus APTB sehingga lebih baik dalam pelayanannya, lebih tertib dan teratur sehingga masyarakat tertarik untuk beralih menggunakan angkutan umum massal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/392/051506302
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 06 Oct 2015 10:19
Last Modified: 06 Oct 2015 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117440
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item