Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Ma Chung)

Utomo, DanangSetyo (2015) Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Ma Chung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan sangat berperan penting didalam dunia pendidikan, dimana perpustakaan merupakan tempat sumber ilmu pengetahuan. Hal ini tercermin pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu perpustakaan harus ada disetiap satuan pendidikan salah satunya adalah perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi memiliki tugas memberikan pelayanan kepada civitas akademika dan masyarakat pemakai di sekitarnya yang sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan perguruan tinggi sangatlah penting untuk dapat menunjang dan memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dan sarana penelitian. Mengingat pentingnya peran perpustakaan ini, sangat disayangkan sekali jika perpustakaan jarang digunakan, jarang dimanfaatkan atau jarang dikunjungi oleh pengguna. Maka dari itu perlu dilakukannya strategi promosi perpustakaan dengan harapan untuk dapat meningkatkan minat kunjung perpustakaan. Strategi promosi perpustakaan juga dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Ma Chung. Kajian teori pada penelitian yaitu konsep perpustakaan yang meliputi: pengertian, tugas, fungsi, dan jenis-jenis perpustakaan; Konsep Perpustakaan Perguruan Tinggi yang meliputi: pengertian, tujuan, dan sumber daya manusia; Teori pelayanan; Teori pelayanan perpustakaan yang meliputi: pengertian dan jenis layanan perpustakaan; Teori strategi yang meliputi: pengertian, syarat-syarat, dan manfaat; dan Teori promosi perpustakaan yang meliputi: pengertian, tujuan, faktor yang mempengaruhi promosi perpustakaan, strategi promosi perpustakaan, bentuk-bentuk promosi, sarana promosi bentuk tercetak, dan sarana promosi dalam bentuk kegiatan perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Ma Chung dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pengguna dan pegawai di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa dapat diketahui Strategi promosi yang diterapkan Perpustakaan Universitas Ma Chung yaitu (1) Membangun komunikasi dengan pengguna diantaranya membangun komunikasi dengan pengguna melalui vii Email universitas yaitu untuk menginformasikan informasi-informasi dari perpustakaan kepada seluruh cifitas akademika, membangun komunikasi pengguna dengan menjalin komunikasi dengan dosen yaitu untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi pengguna dari dosen, dan membangun komunikasi dengan pengguna secara langsung yaitu dalam bentuk pemberian layanan prima kepada pengguna. (2) Melakukan kerjasama dengan pihak ketiga yaitu yang meliputi kerjasama dengan FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Forum ini yaitu sebagai wahana kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi dengan jargon utamanya yaitu pelayanan kartu super yaitu untuk dapat memudahkan pengguna untuk mencari koleksi tidak hanya dari perpustakaan universitasnya sendiri tetapi kartu super ini dapat digunakan untuk berkunjung ke perpustakaan perguruan tinggi swasta lainnya, membangun kerjasama dengan berbagai perpustakaan perguruan tinggi yaitu untuk menambah kebutuhan koleksi, dan membangun kerjasama dengan dosen yaitu pihak perpustakaan menghimbau depada dosen-dosen untuk dapat menggiring mahasiswanya dalam memanfaatkan layanan di Perpustakaan Universitas Ma Chung. (3) Membuat program promosi yaitu melalui web, buletin cakrawala, pemutaran film, pendidikan pemakai, kegiatan perpustakaan, memamerkan koleksi terbaru, pemasangan banner. Strategi promosi yang dilakukan Perpustakaan Ma Chung belum dapat berjalan dengan baik dikarenakan keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga mengakibatkan strategi promosi Perpustakaan Universitas Ma Chung belum dapat mencapai dari tujuan promosi perpustakaan, yaitu untuk menarik perhatian, menciptakan kesan, memikat, serta untuk memperoleh tanggapan yang positif dari pengguna. Selanjutnya dapat diketahui juga faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan strategi promosi perpustakaan. Faktor yang menghambat pelaksanaan strategi promosi di Perpustakaan Universitas Ma Chung, yaitu berasal dari faktor dari dalam dan luar perpustakaan. Faktor penghambat dari dalam perpustakaan yang meliputi terbatasnya jumlah dan kualitas SDM, anggaran dana yang belum mencukupi kebutuhan perpustakaan, dan koleksi yang dimiliki tidak berorientasi kepada pengguna, hal ini yang dapat menghambat dalam peningkatan jumlah kunjungan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dari luar adalah sulitnya luar adalah prioritas kebijakan pimpinan yang belum menjadikan perpustakaan sebagai prioritas utama dalam hal pengembangan dan pemenuhan kebutuhan perpustakaan. Kemudian yang menjadi faktor pendukung dari strategi promosi di Perpustakaan Universitas Ma Chung adalah memadainya gedung perpustakaan yang membuat pengguna merasa nyaman. Adapun saran dalam upaya menjawab permasalahan strategi promosi Perpustakaan Universitas Ma Chung yaitu, (1) Kepada pihak Universitas Perpustakaan Ma Chung: (a) Segera menjalankan media sosial seperti Facebook viii atau Twitter sebagai sarana untuk promosi perpustakaan, karena selama ini Perpustakaan Universitas Ma Chung hanya mengandalkan Email Universitas dan kurang efektif. (b) Pengembangan koleksi dengan memperbanyak dari koleksi berbahasa Indonesia. (c) Membangun koordinasi yang baik dengan pimpinan universitas untuk dapat menjadikan perpustakaan sebagai prioritas yang penting. (2) Bagi pimpinan Universitas Ma Chung untuk lebih memudahkan dalam pemenuhan sumber daya manusia dan kebutuhan perpustakaan pada Perpustakaan Universitas Ma Chung.

English Abstract

The library has paid his dues in education world, where the library was the source of science. This is reflected on the act number 20 year 2003 on the national education system that is the library there should be a unit of education luminance one of which is a college. The library college has a duty of providing services to academics akademika and the community the wearer in its surrounding was appropriate to a purpose higher education institutions which called tri dharma college, such as education and teaching , research and devotion to the community. The library college is very important to be able to support and facilitate teaching and learning activities and research facilities. Considering the importance of the role of the library, it is regrettable if the library once rarely used, rarely be exploited or rarely visited by the user. Therefore need a strategy of promotion and they hope to be able to improve library not interested in the library. Library of Ma Chung University have some promotion strategy. The theory to research study that is the concept a library that includes: understanding, duty, function, and type of the library; a concept a library college that includes: understanding, the purpose of, and human resources service; the theory; the theory library services that includes: understanding and types of library services; the theory that includes: understanding strategy, the terms of, and benefits of library; and the theory of promotion that includes: understanding, the purpose of, promotion of factors affect library, a strategy of promotion the library, promotion forms, a means of promotion the form of printed, types of activities and means of promotion in the library. The purpose this research is to knowing promotion strategy which is conducted by Ma Chung library University and to knowing inhibiting and supporting factor on promotion strategi implementation. This research use descriptive method with qualitative approach. The informant form this research is a user and as staff on Ma Chung Library University. Collected data doing by observe, deep interview, and by documented. Result form this research, is knowing implementation promotion strategy Ma Chung Library University: 1. The establish communication with users of them establish communication with users via email university namely to inform bits on information from the library to all cifitas academica , establish communication with users establish communication with the lecturer namely to identify the needs of user information from lecturer , and establish communication with users directly namely in the form of the provision of excellent service to users. have a x partnership with a third party that which is covering cooperation with FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) this forum that is as the vehicle cooperation between the library college with main features that is super card service which is to can it easy for users to find a collection, their partnership with various the library college which is to add to the needs of a collection of , and establish cooperation with the lecturer that is the appeal to depada library lecturers can lead his students to use the service in the Ma Chung library University. (3) make promotional programs for example through the web, bulletin university, the screening, user education, library activities, exhibiting a collection of latest , the installation of a banner. A strategy of promotion done the Ma Chung library University could not run well because of limitations on human resources. That led to the library a strategy of promotion university ma chung could not yet be accomplishing of any purpose promotion the library, namely to attract attention, create impressions, alluring, as well as to obtain a positive response from users. Next can also be judged factors that hampers and supporter of the implementation of a strategy of promotion the library. Factors that hinder the implementation of a strategy of promotion in the Ma Chung library University, that is, from a factor of inside and outside of the library. Factors that hampers in a library which includes of the limited number of and high-quality human resources, the budget that have not yet satisfy the needs of the library, and collection of owned is not oriented to the users, it is which could deny in an increase in the number of visits the library. While from outside is the difficulty of factors that hampers outside is leaders policy priorities that have not yet made the library as the main priority in terms of the development and meeting the needs of the library. Then the one be supporting promotion strategy on Ma Chung Library University is have library building enough to make visitor or user comfort. The advice in an effort to answer the problem a strategy of promotion Ma Chung library University namely, (1) to the Ma Chung library University: (a) immediately run social media like facebook or twitter as a means for the promotion of the library , because so this is a library ma chung university just rely on the email universities and less effective. (b) the development of a collection of by multiplying of a collection of bahasa indonesia. (c) build good coordination with leaders of to able to raise the library as an important priority. (2) for leaders of ma chung to make in fulfillment of a human resources and the needs of the library on Ma Chung library University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/388/ 051505190
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Oct 2015 16:06
Last Modified: 02 Oct 2015 16:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117435
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item