Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Bagian Shelving Koleksi Umum pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,

Hasanah, Zohratul (2015) Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Bagian Shelving Koleksi Umum pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu instansi publik yang menyelenggarakan pelayanan publik adalah perpustakaan. Keberadaan koleksi di perpustakaan menjadi sumber informasi yang harus dikelola dengan baik oleh perpustakaan agar informasi tersebut dapat didayagunakan masyarakat. Secara fisik penyusunan buku di rak harus tersusun dengan rapi dan sesuai dengan aturannya atau yang biasa dikenal dengan istilah shelving. Kegiatan shelving tentunya membutuhkan staf perpustakaan yang memiliki kompetensi dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan shelving. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kinerja bagian shelving koleksi umum Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur adalah kuisioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Dasar yang digunakan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kinerja bagian shelving tersebut dengan menggunakan teori Parasuraman yaitu meliputi : kehandalan, daya tanggap, akses dan kompetensi. Nilai- nilai pengukuran dilakukan berdasarkan pada persepsi pemustaka yang dilayani. Penelitian ini dilakukan terhadap 205 responden yaitu yang terdiri dari anggota perpustakaan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi yang baik dari pemustaka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur berdasarkan hasil uji mean yang dilakukan, diperoleh nilai sebesar 3,87, nilai ini berada pada rentang 3,43-4,23 yang berarti baik. Sedangkan tingkat kinerja dari masing- masing variabel yaitu kehandalan yaitu sebesar 3,78, yang berarti baik. Variabel daya tanggap yaitu sebesar 3,71, yang berarti baik. Variabel akses sebesar 4,04, yang berarti baik. Variabel kompetensi yaitu sebesar 3,97 yang berarti baik. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja bagian shelving semua variabel mempunyai nilai baik. Bagi pustakawan yang bekerja pada bagian layanan teknis, untuk memahami shelving dalam ruang lingkup perpustakaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/350/051505152
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2015 10:11
Last Modified: 21 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117395
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_ZOHRATUL_HASANAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_ZOHRATUL_HASANAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item