Efektivitas Penerapan Sanksi Denda Keterlambatan Pengembalian Bahan Pustaka (Studi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya

Astutik, EmiDwi (2015) Efektivitas Penerapan Sanksi Denda Keterlambatan Pengembalian Bahan Pustaka (Studi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan adalah instansi yang memberikan layanan jasa kepada pemustaka dengan menyediakan bahan pustaka baik tercetak maupun elektronik yang dapat dipinjam maupun diunduh. Bahan pustaka yang dipinjam yaitu bahan pustaka tercetak yang jumlahnya terbatas, sehingga denda digunakan sebagai sanksi bagi pemustaka yang meminjam dan terlambat mengembalikan bahan pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan sanksi denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas sanksi denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka, dan (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendorong dan penghambat efektivitas sanksi denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Pemustaka dan pengurus Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sebagai pihak yang terlibat langsung dalam penerapan sanksi denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sanksi denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka didasarkan pada keputusan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 577/SK/2013. Penerapan sanksi denda dengan membayar sejumlah uang kepada perpustakaan masih kurang memberikan efek jera kepada pemustaka untuk disiplin mengembalikan bahan pustaka yang dipinjam tidak melampaui batas waktu. Hal ini dianalisis dari sisi pencapaian tujuan,integritas dan juga adaptasi. Staff layanan sirkulasi juga mengingatkan pemustaka terkait batas waktu yang diberikan perpustakaan, hal ini sebagai bukti pendorong dari perpustakaan untuk pemustaka disiplin mengembalikan bahan pustaka, namun lemahnya kesadaran dari pemustaka sendiri masih menjadi penghambat. saran dari penelitian ini adalah (1) sarana dan prasarana yang ada perlu ditingkatkan seperti penagihan bahan pustaka yang dipinjam dengan sistem recall perlu segera direalisasikan dan dijalankan secara rutin, (2) memberikan penghargaan (reward) kepada pemustaka yang rajin mengembalikan bahan pustaka tepat waktu, dan (3) adanya pembaharuan sanksi denda dengan sistem poin pelanggaran, yaitu pengurangan jatah pinjam bahan pustaka jika terlambat mengembalikan dalam kurun waktu tertentu, hingga poin pelanggaran mencapai batas maksimal, maka pemustaka di blokir status keanggotaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/348/051505150
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2015 09:58
Last Modified: 21 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117392
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item