Pengaruh Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan usaha dan terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)

Andayu, BingarViolitaDwi (2015) Pengaruh Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan usaha dan terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak mempunyai peranan penting untuk melaksanakan pembangunan di Indonesia. Berdasarkan sistem perpajakan di Indonesia yaitu Self Assessment System, maka wajib pajak berperan penting dalam pelaksanaan perpajakan. Sikap wajib pajak sebagai faktor yang menentukan kepatuhan wajib pajak. Sikap wajib pajak dipengaruhi dengan beberapa faktor yaitu pengalaman wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, kualitas pelayanan petugas pajak dan media massa perpajakan. Kepatuhan wajib pajak dilihat dari pelaksanaan kewajiban perpajakannya. Meningkatnya kepatuhan wajib pajak dapat mengakibatkan meningkatnya penerimaan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial pengalaman pelaksanaan kewajiban wajib pajak, kualitas pelayanan petugas pajak dan media massa terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian explanatory research. Sampel penelitian yang digunakan adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha dan terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Hasil Uji Simultan diketahui bahwa besar nilai Fhitung sebesar 46,317 dan Ftabel sebesar 2,70 (Fhitung > Ftabel) dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pengalaman pribadi wajib pajak, pelayanan petugas pajak, dan media massa terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil Uji Parsial pada variabel pengalaman pribadi wajib pajak diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,421 > 1,66), pada variabel pelayanan petugas pajak diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1.744 > 1,66) dan pada variabel media massa diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1.704 > 1,66). Dapat diartikan terdapat pengaruh secara parsial antara pengalaman pribadi wajib pajak, pelayanan petugas pajak, dan media massa terhadap kepatuhan wajib pajak. Diharapkan pihak KPP Pratama Malang Utara dapat meningkatkan kualitas pelayanan petugas pajak dan sosialisasi media massa perpajakan sehingga dapat mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan pelaksanaan kewajiban perpajakan. Selain itu diharapkan pemerintah memberikan panduan kepada wajib pajak untuk mempermudah melaksanakan kewajiban perpajakan.

English Abstract

Tax has important role to implementing development in Indonesia. A system of taxation in Indonesia is Self Assessment System, so taxpayers have important role in the implementation of taxation. The attitude of taxpayers as a factor that determines the obedience of taxpayers. The attitude of taxpayers can be influenced by several factors are taxpayers experience in implementing tax obligations, quality services of tax officer and taxation of mass media. The obedience of taxpayers can be seen from the implementation of tax obligations by taxpayers. If the obedience of taxpayers increase can resulting tax revenue’s increase as well. The purpose of this research is to find out the influence of simultaneously and partial . The type of this research is explanatory research. The sample used in this research is the individual taxpayers who do business and listed on Tax Office of Pratama North Malang. The sampling method used is Acidental Sampling. Data analysis method used are descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on research that has been done, Simultaneous Test Results are Fcount is 46.317 and Ftable is 2.70 (Fcount > Ftable) it means there is a significant influence between taxpayers experience in implementing tax obligations, quality services of tax officer and taxation of mass media to the obedience of taxpayers. Partial Test results on the taxpayers experience in implementing tax obligations variables is tcount greater than ttable (5.421> 1.66), the variable quality service of tax officials note that tcount greater than ttable (1,744> 1.66) and the taxation of mass media variables is tcount greater than ttable (1.704> 1.66). There can be interpreted as a significant influence between taxpayers experience in implementing tax obligations, quality services of tax officer and taxation of mass media to the obedience of taxpayers. From the result of this research, can be suggested of that Tax Office of Pratama North Malang could improve the quality of service of tax officials and taxation of mass media dissemination in order to facilitate the taxpayers in carrying out the implementation of tax obligations easily. Beside that, the government is expected to provide guidance to give facilitate the carrying out of tax obligations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/344/051504634
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2015 11:39
Last Modified: 21 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117388
[thumbnail of 051504634_-_Bingar_V.pdf]
Preview
Text
051504634_-_Bingar_V.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item