Pelaksanaan Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (Studi di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang),

Hidayati, IntanNur (2015) Pelaksanaan Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (Studi di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Administrasi kependudukan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki penduduk guna mempermudah pemerintah dalam melakukan pendataan penduduk yang diarahkan untuk memenuhi hak asasi setiap orang dalam pelayanan publik yang profesional. Untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas maka Pemerintah Kelurahan Tlogomas pelaksanakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang berbasis teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan bentuk dan pelaksanaan inovasi serta menganalisa kualitas dan faktor pendukung, penghambat inovasi administrasi kependudukan berbasis IT yang dilaksanakan oleh Kelurahan Tlogomas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara kepada Lurah, Sekretaris Lurah Kelurahan Tlogomas sebagai aparatur pemerintah. Kepala Sie Pelayanan Umum, dan perwakilan pegawai Capil sebagai petugas pelayanan, serta masyarakat sebagai penerima pelayanan. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah SOP pelayanan administrasi kependudukan dan Renstra Kelurahan Tlogomas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilaksanakannya inovasi berbasis IT dalam administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Tlogomas sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Pada dasarnya inovasi ini hadir karena adanya keluhan masyarakat untuk menerima pelayanan yang sesuai dengan prosedur dan tuntutan Kelurahan Tlogomas untuk memberikan pelayanan yang prima. Sehingga dalam pelaksanaannya, inovasi ini sangat membantu Pemerintah Kelurahan Tlogomas dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan perlu adanya pelatihan baik kegiatan teknis maupun non teknis, optimalisasi penggunaan IT, dan perbaikan sarana prasarana dalam pemberian pelayanan administrasi kependudukan berbasis IT. Hal tersebut dilakukan guna dapat memperbaiki pemberian pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Juga dibutuhkan sosialisasi untuk menginformasikan adanya proses pelayanan baru, sehingga dapat meminimalisir adanya diskresi antara masyarakat dengan pemerintah Kelurahan Tlogomas.

English Abstract

Administration of the population is an important document that should be owned by residents in order to facilitate the government in conducting population census aimed to fulfill the human rights of everyone in a professional public service. To improve the quality of administrative services population, the Government Sub Tlogomas implementing administrative services innovation based on population information technology. The purpose of this study was to discribe aboaut form and implementation of innovation and analyze the quality and supporting factors, inhibiting innovation IT-based population administration implemented by the Village Tlogomas. This research used descriptive analysis with qualitative approach through an interactive model of Miles and Huberman. This research was conducted by interviewing the village chief, village headman Secretary Tlogomas as government officials. Sie head of General Services, and employee representatives Capil as care workers, as well as the community as a recipient of the service. Documents used in this study is SOP administrative services Tlogomas village population and Strategic Planning. The results showed that the implementation of IT-based innovation in population administration undertaken by the Government of the Village Tlogomas greatly simplify the community in the management of personal documents. Basically this innovation comes because of complaints communities to receive services in accordance with the procedures and demands Tlogomas village to provide excellent service. So that in practice, this is very helpful innovation Tlogomas Village Government in improving the quality of service. In this study researchers suggest the need for training both technical and non-technical activities, optimizing the use of IT, and infrastructure improvements in the delivery of IT services based on population administration. This is done in order to be able to improve the delivery of services and improve service quality. Also needed socialization to inform the new service process, so as to minimize their discretion between community and government Tlogomas village.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/291/051504366
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2015 12:06
Last Modified: 20 Oct 2021 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117330
[thumbnail of skripsi_(Intan_Nur_Hidayati-115030501111011).pdf]
Preview
Text
skripsi_(Intan_Nur_Hidayati-115030501111011).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item