Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk).

Widyasmara,Marta (2015) Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu perangkat daerah atau dinas daerah yang mempunyai kewajiban dan tanggungjawab menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan. Kinerja suatu organisasi dapat dikatakan buruk, baik dan sangat baik dapat diukur dan dilihat dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Jenis kinerja dibagi tiga yaitu kinerja individu, kinerja proses dan kinerja organisasi. Jenis atau Produk yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk antara lain pendaftaran biodata penduduk, pendaftaran Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Kartu Tanda Penduduk (KTP), pendaftaran Akta Kelahiran, Pendaftaran Akta Kematian, pendaftaran Akta Perkawinan, pendaftaran Akta Perceraian, pendaftaran Akta Pengangkatan anak, akta pengesahan anak, akta pengakuan anak dam pembuatan surat pindah. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk), permasalahan yang diteliti meliputi: Bagaimana Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan di Kabupaten Nganjuk dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan Pelayanan Kependudukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini yang pertama, Kinerja Aparatur yang meliputi Kejujuran, Responsivitas, Tanggung Jawab, Kedisiplinan dan Kenyamanan. Kedua, Proses pelaksanaan pelayanan kependudukan yang meliputi Kejelasan pelayanan, Prosedur pelayanan, Waktu pelayanan, Biaya pelayanan, Sarana dan prasarana. Ketiga, Hasil Pelayanan Kependudukan yang meliputi Jenis/Produk pelayanan yang diberikan, Ketepatan/Akurasi, Keamanan. Keempat, Faktor pendukung dan faktor penghambat Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Nganjuk dan situs penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beralamat di Jl. Panglima Sudirman No. 284. Sumber data meliputi pelaku, dokumen dan kejadian. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, Interview/wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara dan perangkat penunjang. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Miles, viii Huberman dalam Saldana dengan tiga alur yaitu kondensi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk dilihat dari kemampuan yang dimiliki aparat dalam pelayanan kependudukan secara keseluruhan sudah cukup baik dan melaksanakan bekerja secara maksimal, karena dalam melaksanakan tugas selalu mengikuti peraturan dan program dari pusat. Para aparat dalam melaksanakan tugas harus menerapkan sikap jujur karena jika ada aparat yang melanggar akan dikenakan sanksi, memiliki responsivitas (daya tanggap) kemampuan aparat mengenali kebutuhan masyarakat, para pegawai juga harus memilik rasa tanggungjawab sesuai kewenangan masing-masing, tingkat kedisiplinan para pegawai sudah baik adanya apel pagi setiap hari bagi seluruh aparat dan melaksanakan tugas sesuai jadwal dan jam kantor. Terdapat juga proses pelaksanaan pelayanan Kependudukan yang meliputi sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang jalannya pelaksanaan pelayanan kependudukan, kejelasan pelayanan terhadap masyarakat, prosedur pelayanan merupakan alur mengurus dokumen kependudukan yang sifatnya sederhana dan tidak rumit, waktu pelayanan yang harus diselesaikan ketika mencetak dokumen, biaya pelayanan yang gratis mulai tahun 2014 dan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sebagai alat penunjang jalannya pelayanan kependudukan. Selanjutnya, hasil pelayanan kependudukan yang pertama, produk pelayanan yang dihasilkan ialah dokumen kependudukan meliputi KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk), surat pindah dan akta-akta pencatatan sipil. Kedua, ketepatan pelayanan yaitu hasil pencetakan dokumen yang benar, tepat dan sah. Ketiga, keamanan merupakan dokumen kependudukan harus berlandaskan hukum dan memiliki rasa aman bagi masyarakat. Kemudian kenyamanan terdapat pada lingkungan yang bersih, nyaman dan rapi.Terdapat empat faktor pendukung yaitu Sarana dan Prasarana yang lengkap, Sumber Daya Manusia (SDM), sosialiasasi, Adanya diklat atau pelatihan. Serta empat faktor penghambat yaitu perlunya Reward (Imbalan Prestasi Kerja), tingkat kesadaran masyarakat masih rendah di dalam kepengurusan dokumen kependudukan, perlu dibentuk UPT Dinas di Kecamatan wilayah setempat, belum tersedianya komputerisasi maupun jaringan di seluruh Desa Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, saran untuk meningkatkan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk adalah perlunya Reward (Imbalan Prestasi Kerja) agar para aparat lebih termotivasi di dalam bekerja, memberikan pemahaman terhadap masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan, Perlu tersedianya UPT Dinas di Kecamatan Wilayah setempat, dan Mengadakan pelayanan keliling atau jemput bola pada daerah yang terpencil dan akses sulit menuju ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengurus dokumen atau data kependudukan, perlu pembuatan SPP (Standar Pelayanan Publik) yang bertujuan memperjelas penyampaian informasi pada masyarakat.

English Abstract

Department of population and civil registration nganjuk district are one of the tools agency regions or regions that have an obligation and responsibilities hold administrative work population .The performance of an organization can be said to be bad , good and excellent can be measured and viewed using standard minimum service. Which is divided into three types of working performance of the individual, and in the process the organization.Or the type of which is given by jakarta dept. of population and civil registration, the curriculum vitae nganjuk, among others, population registration registration, family card (KK). Registration identity card (KTP), registration of birth, registration certificate of death, registration of certificates, the marriage registration of certificates, divorce. Registration of certificates, the appointment of a as of a deed, and the act of making a move. This study aims to to know, describe and analyzes the performance of the office of population and civil registration in the service (of the study population in the population and civil registration nganjuk district), the treatment problems includes: how the performance of the office of population and civil registration in the service of population in nganjuk district and whatever supporting factors and inhibitors of in the delivery of population. That research methods is used descriptive with a qualitative approach. The focus of research is the first performance which includes aparatur honesty, responsiveness, responsibility, discipline and comfort. Second implementation process population service which includes clarity service procedure service time service the cost of services facilities and infrastructure. Third, the results of residential services that include type of / product services that are provided, the accuracy of / accuracy, security. Fourth, factors both supporters and performance factors that hampers department of population and civil registration nganjuk district. The location of this experiment in kabupaten nganjuk and research site in the population and civil registration located on jl .The commander of the sudirman number. 284. Covering the offender data sources, documents and the chain .The kind of data used was the data primary and secondary data, data collection by applying a technique through observation, interview and documentation of the interview. Namely researchers own research instruments, guidelines and supporting equipments. Analysis of the data analysis use the model of qualitative data miles, huberman in saldana with three furrows namely kondensi data, the presentation of the data and draw a conclusion / verification. x The performance of the Department of population and civil registration Nganjuk views of capability apparatus in the service of the overall population is already quite well and carry out work to the maximum, because in carrying out the task always follow the rules and program of the Center. Officials in carrying out the task must implement the honest attitude because if any apparatus in violation will be subject to sanctions, has the responsiveness (responsiveness) the ability of the authorities to recognize the needs of the community, the employees should also have a sense of the responsibility of the appropriate authorities of each, the level of discipline of the employees already well the existence of Apple in the morning every day for the whole apparatus and carry out tasks on schedule and office hours. There is also the process of implementation of the residency services that include full facilities and infrastructure to support the implementation of the operations of the Ministry of population, the clarity of the service of the community, the procedure of servicing is taking care of the population document flow which is simple and uncomplicated, service time to be completed when printing a document, the cost free service starting in 2014 and have full facilities and infrastructure as a means of supporting the operations of the Ministry of population. Furthermore, the results of the first population services, product of service that is produced is the residency documents include KK (family card), KTP (Resident Card), move and act-civil registration Act. Second, the accuracy of the service i.e. the outcome document printing right, proper and legitimate. Third, security is a document of residence should be based on the law and have a sense of security to the community. Then there is comfort in an environment that is clean, comfortable and neat. here are four factors which is supporting infrastructures and means complete, human resources, socialization, the training or training. Four factors as well as a barrier that is the need for rewards (return for work performance), the level of community awareness is low in the management documents population, need to be formed upt department in the local area , not the availability of computerized and tissue in the whole village nganjuk district. Based on the problem, suggestions to improve the performance of population and civil registration district nganjuk is the need for rewards (return for work performance to the more motivated officials in work, give the understanding of the community to take care of administrative document, need to the availability of department unit in the local area , and held mobile service or pro-active in remote areas and access difficult for the office of population and civil registration to propose a document or demographic data, need to the manufacture of the spp (standard of public services) which aims to clarify information dissemination on the community .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/280/051504098
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jul 2015 09:51
Last Modified: 20 Oct 2021 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117318
[thumbnail of 051504098_-_Marta_Widyasmara.pdf]
Preview
Text
051504098_-_Marta_Widyasmara.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item