Analisis Audit Operasional Fungsi Pemasaran (Studi Kasus pada PT. Pardic Jaya Chemicals),

Dhanti, YoshiSuryo (2015) Analisis Audit Operasional Fungsi Pemasaran (Studi Kasus pada PT. Pardic Jaya Chemicals),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu fungsi yang sangat vital pada suatu perusahaan. Pencapaian fungsi pemasaran dapat menjadi suatu alat ukur kesuksesan perusahaan, untuk mengontrol ketercapaian suatu fungsi pemasaran perusahaan diwajibkan melakukan audit operasional atas fungsi pemasran. Audit tersebut merupakan suatu proses sistematis dan objektif yang dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan suatu organisasi atau perusahaan dengan tujuan untuk mengevaluasi kelemahan tersebut demi mencapai efisiensi, efektivitas, dan ekonomisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional pada fungsi pemasaran PT. Pardic Jaya Chemicals, dan pengaruhnya terhadap pencapaian fungsi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah audit pendahuluan, review dan pengujian pengendalian manajemen, audit terinci, pelaporan, dan tindak lanjut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa audit operasional fungsi pemasaran yang dilakukan oleh auditor belum mencangkup kepada keseluruahan ruang lingkup pemasaran, oleh karena itu audit operasional yang dilakukan oleh auditor tidak berpengaruh terhadap pencapaian pemasaran. Apabila audit operasional fungsi pemasaran dilakukan dengan memperhatikan seluruh lingkup pemasaran maka diperoleh hal sebagai berikut : Terdapat inefisien pada penetapan target penjualan dan penggunaan tenaga kerja penjualan dan pemasaran. Hal ini dibuktikan dari realisasi penjualan selama tahun 2010-2014 tidak pernah mencapai target quantity; Efektivitas fungsi pemasaran yang diukur dari pencapaian target quantity dan profit yang diperoleh selama tahun 2010-2014 belum efektif. Hal tersebut dikarenakan pencapaian penjualan yang tidak pernah mencapai target quantity dan profit yang diperoleh tidak mengalami kenaikan yang signifikan (≥5% dari profit tahun sebelumnya); Ekonomisasi penggunaan biaya pemasaran pada fungsi pemasaran selama tahun 2010-2014 dapat dikatakan ekonomis. Hal tersebut dibuktikan dari nilai ekonomis biaya pemasaran yang digunakan ≤100%. Audit operasional fungsi pemasaran harus dilakukan secara menyeluruh oleh perusahaan, mencangkup pada ruang lingkup pemasaran, dengan tujuan untuk meningkatkan pencapaian dan kinerja fungsi pemasaran secara efisien, efektif dan ekonomis.

English Abstract

Marketing is one function that very important in a company. Marketing’s performance can be a used to measure company success, therefore to maintain the performance, company are required to conduct marketing audit. The audit is a systematic and objective process done to indentify an organization or company weakness with the purpose to evaluate the weakness to attain of efficiency, effectiveness, and economic. This research attempts to examine the implementation of operational audit on marketing function in PT. Pardic Jaya Chemicals, and it’s effect on marketing performance. Type of this research is descriptive research with qualitative approach with data collection through interviews, observation and documentation. Data analysis using preliminary audit, review of management control, detailed auditing, reporting, and follow-up. Based on the research findings, it can be known that marketing audit conducted by an internal auditor did not include whole aspects of marketing. Hence the marketing audit conducted by the auditors did not encourage attainment of marketing performance. If the marketing were operational audit function by taking into the whole aspects of marketing obtained a thing follows : there are inefisien for the determinantion of sales’ target and the labor used in sales and marketing. This is proven by the realization of sales during the year 2010-2014 never reached quantity; effectiveness marketing function measured in terms of quantity and attainment of profit that was gained during the 2010-2014 not effective, because sales’ performance never reach the quantity target and profit obtain did not increas significantly (≥5% from the previous year profit); economic used of the marketing cost in marketing function during 2010-2014 can be said economic. This is evidanced by economic value of marketing cost used ≤100%. Operational audit of marketing should be done throughly whole of marketing’s aspect by the company, with the purpose to improve the attainment and performance of marketing function by efficiently, effective, and economical.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/274/051504076
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jul 2015 14:28
Last Modified: 20 Oct 2021 08:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117311
[thumbnail of 051504076_-_Yoshi_Suryo.pdf]
Preview
Text
051504076_-_Yoshi_Suryo.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item