Upaya Peningkatan Pelayanan Guna Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal (Studi Pada Stasiun Tulungagung Daerah Operasi Vii Madiun Dalam Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa Kereta A

Istiarini, PutriMayaRisxi (2015) Upaya Peningkatan Pelayanan Guna Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Ekonomi Lokal (Studi Pada Stasiun Tulungagung Daerah Operasi Vii Madiun Dalam Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa Kereta A. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya perubahan yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa kereta api, khususnya kereta api ekonomi lokal yaitu Kereta Api Dhoho (Blitar-Surabaya melalui Kertosono) dan Kereta Api Penataran (Blitar-Surabaya melalui Malang). Stasiun Tulungagung merupakan salah satu stasiun kereta api yang telah melakukan perubahan tersebut. Perubahan tersebut dilakukan mulai dari penetapan program kerja rutin setiap minggunya, penyediaan fasilitas pendukung, serta peningkatan kinerja pegawai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar kepuasan yang dirasakan oleh pengguna jasa kereta api ekonomi lokal atas berbagai perubahan serta sistem pelayanan yang ada. Segala bentuk perubahan tersebut merupakan upaya yang dilakukan Stasiun Tulungagung untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api ekonomi lokal. Pelaksanaan serta evaluasi program kerja dilakukan secara rutin pada setiap minggunya oleh Stasiun Tulungagung. Stasiun Tulungagung juga telah menyediakan berbagai bentuk fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan terhadap pengguna jasa kereta api ekonomi lokal. Saat ini, kinerja pegawai sangat diperhatikan oleh pihak Stasiun Tulungagung maupun pihak pusat. Kualitas pegawai dalam memberikan pelayanan merupakan faktor penentu sebuah keberhasilan pelayanan publik. Selain melakukan sosialisasi serta evaluasi kinerja setiap bulannya, pegawai juga diberikan pelatihan khusus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Stasiun Tulungagung telah mampu memberikan kepuasan serta kenyamanan terhadap pengguna jasa kereta api ekonomi lokal. Pengguna mengaku bahwa perubahan yang dirasakan memberikan dampak positif bagi pelayanan yang diberikan. Ketersediaan fasilitas pendukung serta kualitas pegawai membuat pengguna kereta api ekonomi lokal merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun disamping itu, masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan oleh pihak Stasiun Tulungagung maupun pusat. Terlebih dengan masalah pendekatan dengan pengguna jasa kereta api ekonomi lokal yang dirasa masih kurang. Hal tersebut terlihat dari harapan, kritik, dan saran dari para pengguna kereta api ekonomi lokal yang tidak diketahui oleh PT Kereta Api Indonesia.

English Abstract

Research background is that PT Kereta Api Indonesia has changed its manner of service that is given to users of train service, especially for local economic trains such as Dhoho Train (Blitar-Surabaya via Kertosono) and Penataran Train (Blitar-Surabaya via Malang). Tulungagung Station is one train station which has been changed. The change may be seen in the determination of weekly periodic work program, the provision of supporting facility, and the improvement of employee performance. Therefore, this research attempts to see how far is the satisfaction felt by local economic train service users to the various changes and to the existing service system. The changes are the efforts taken by Tulungagung Station to improve this service for local economic train service users. The implementation and evaluation of work program are given periodically in every week by Tulungagung Station. Tulungagung Station has provided several supporting facilities to give pleasure to local economic train service users. Nowadays, employee performance has been highly attended by Tulungagung Station and Center. The quality of employee who provides the service is a factor which determines the success of public service. Besides being given socialization and evaluation of performance in every month, the employee is also subjected to specific training. Result of research indicates that Tulungagung Station has provided satisfaction and pleasure to local economic train service users. The users admit that the changes give positive impact to the service provided. The availability of supporting facilities and the good quality of employees have made local economic train service users feeling satisfied to the service. However, several things must still be attended by Tulungagung Station and Center. The approach to local economic train service users is lacking. It may be seen from expectations, critics and suggestions of local economic train service users who remain unknown by PT Kereta Api Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/270/ 051504072
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Jun 2015 14:23
Last Modified: 26 Jun 2015 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117307
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item