Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Menciptakan Guru Yang Kreatif Dan Inovatif (Studi Tentang Impelementasi Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Pada Negeri 1 Kota Kediri).

EndahFilaili, Nur (2015) Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Menciptakan Guru Yang Kreatif Dan Inovatif (Studi Tentang Impelementasi Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Pada Negeri 1 Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetensi guru yang kreatif dan inovatif dapat ditingkatkan melalui standart dan kualifikasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kompetensi guru yang dapat menciptakan guru yang kreatif dan inovatif serta untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi guru untuk menciptakan guru yang kreatif dan inovatif di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menentukan fokus penelitian terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti juga memakai analisa data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah antara lain: (1)latar belakang pendidikan guru sudah sesuai dengan permendiknas nomor 16 tahun 2007, (2) pelaksanaan pendidikan dan pelatihan sudah berjalan dengan baik, (3) ketrampilan guru mengajar cukup baik. Faktor pendukung antara lain: (1) sarana dan prasarana yang memadai, (2) dukungan dari sekolah baik, (3) tingkat pendidikan guru baik. Faktor penghambat antara lain: (1) masih ada beberapa guru yang belum bisa melihat kondisi dan situasi kelas, (2) seringnya pendidikan dan pelatihan, (3) tingkat kemajemukan guru, (4) biaya yang dikeluarkan sekolah cukup banyak. Saran dari penelitian ini adalah(1) harus ada kesepakatan antara guru dan murid, baik dalam metode pembelajaran yang akan digunakan maupun terkait dengan pemberian tugas, (2) guru harus bisa mengetahui situasi dan kodisi kelas dengan melihat kondisi siswa pada saat itu, (3) penataan ulang jadwal pendidikan dan pelatihan kembali agar guru tidak terlalu sering meninggalkan kelas, (4) memberikan tugas ke murid sebagai pengganti jam kosong, (5) perlunya sosialisasi dan pembekalan tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan, (6) lebih mengefisienkan pengadaan pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/25/051501790
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 02 Mar 2015 15:05
Last Modified: 20 Oct 2021 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117284
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item