Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja (Studi Pada Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang)

Utama, BaaisRahmata (2015) Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja (Studi Pada Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena yang terjadi dalam lingkup pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk warga negaranya. Pelayanan yang kurang maksimal dan kinerja para penyelenggaranya yang masih rendah sehingga menimbulkan banyaknya permasalahan seperti tingginya pungutan tidak resmi, kurangnya kepastian waktu, banyaknya persyaratan, prosedur yang berbelit-belit dan maraknya tindak pidana korupsi. Padahal dalam segi pengembangannya pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) menjadi agenda yang rutin dilakukan baik bagi calon pegawai yang akan menjadi pegawai negeri sipil maupun pegawai negeri sipil yang sudah bekerja sekalipun. Sehingga perlu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh kegiatan Diklat tersebut terhadap kinerja para pegawai negeri sipil. Oleh karena itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sebenarnya sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan dari adanya kegiatan Diklat tersebut kepada kinerja para pegawai pemerintah. Dengan menyajikan data statistik sehingga dapat dengan mudah untuk mengetahui gambaran sebenarnya dari pengaruh yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Diklat Prajabatan (X1) dan Variabel Diklat dalam Jabatan (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang (Y) sedangkan secara parsial pengaruh Variabel (X1) terhadap Variabel Kinerja (Y) tidak signifikan, berbeda dengan pengaruh Variabel (X2) terhadap variabel Kinerja (Y) yang berpengaruh secara signifikan. Pengaruh yang diberikan oleh masing-masing variabel memiliki pengaruh yang berbeda secara parsial maupun secara simultan, hal tersebut dikarenakan dalam penyelenggaraannya terdapat tujuan yang sangat berbeda antara diklat prajabatan dan diklat dalam jabatan. Diklat prajabatan dilakukan untuk memperkenalkan dan memperkuat jati diri para calon pegawai negeri sipil yang akan memasuki dunia pemerintahan, sedangkan dalam diklat dalam jabatan melainkan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahun para pegawai negeri sipil sesuai dengan tugas, fungsi dan jabatannya, sehingga diklat dalam jabatan memiliki pengaruh yang dominan terkait peningkatan kinerja pegawai negeri sipil.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the phenomena occurring within the scope of public services organized by the government for citizens. The lack of service and the low of performance of the organizers causing many problems such as high illegal charges, the lack of certainty of time, the number of requirements, complicated procedures and rampant corruption. Yet in its development education and training (DIKLAT) became routine agenda both for prospective officials who will become civil servants and civil servants who have worked though. So it is necessary to determine how much influence given by the training activity on the performance of civil servants. Therefore, the main objective of this research was to determine the effects arising from the existence of the training activities to the performance of public officials. By presenting statistical data so that it can be easy to know the actual description of the effects that occur. The results of this study indicate that the variable Pre-employment Training (X1) and variable in the Job Training (X2) simultaneously have a significant influence on variable Officials Performance at Immigration Office Class I Malang (Y) while partially the effect of variable (X1) to variable Performance ( Y) is not significant, otherwise the influence of variable (X2) has significant effect to variable performance (Y). Influence exerted by each variable has different effect partially and simultaneously, it is because in its implementation there are different goals between pre-employment Training and in the job training. Pre-employment training made to introduce and strengthen the identity of the prospective civil servants who will enter the world of government, while the in the job training made to enhance the skills and knowledge of civil servants in accordance with the duties, functions and positions. So that training for officials have a dominant influence related to improving performance of civil servants.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/247/ 051503907
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Jun 2015 11:13
Last Modified: 29 Jun 2015 11:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117281
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item