The Influence of Convenience, Ease of Use and Security on Customer Satisfaction (Study on Mandiri Internet Banking at Mandiri Commercial Bank Surabaya Branch ) (Study on Mandiri Internet Banking at Ma

Pratyaksa, Prama (2015) The Influence of Convenience, Ease of Use and Security on Customer Satisfaction (Study on Mandiri Internet Banking at Mandiri Commercial Bank Surabaya Branch ) (Study on Mandiri Internet Banking at Ma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan teknologi informasi memiliki kontribusi positif terhadap sistem informasi yang digunakan dengan menggunakan teknologi web sebagai media untuk memperoleh informasi secara universal. Hampir semua unit bisnis di berbagai sektor membutuhkan sistem informasi. Persyaratan untuk teknologi canggih dan pemilihan sistem informasi yang sesuai juga perlu dipertimbangkan oleh Perusahaan. Ini dapat digunakan untuk mendukung penciptaan informasi yang dapat memfasilitasi aliran kegiatan bisnis operasional sehubungan dengan tujuan utama perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh kenyamanan, kemudahan penggunaan, dan variabel keamanan memiliki pengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Mandiri Internet Banking, (2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh kenyamanan, kemudahan penggunaannya, kemudahan penggunaan , dan variabel keamanan memiliki pengaruh parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Mandiri Internet Banking, (3) menganalisis dan menjelaskan variabel mana yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di cabang Bank Komersial Mandiri Surabaya. Variabel yang digunakan adalah kenyamanan (x1), mudah digunakan (x2), keamanan (x3) dan kepuasan konsumen (Y). Jumlah populasi penelitian ini adalah 100 orang yang digunakan sebagai sampel. Data primer diperoleh dari kuesioner dan wawancara menyebar. Data sekunder diperoleh dari sumber yang telah dikumpulkan untuk mendukung data primer. Analisis data adalah analisis dan analisis statistik deskriptif dengan korelasi peringkat Spearman. Data diproses oleh program komputer SPSS untuk Windows versi 20.00. Studi hasil menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara keamanan variabel (X3) dengan kepuasan konsumen (Y). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas keamanan telah mampu memenuhi korelasi dengan kepuasan konsumen. Saran untuk Cabang Bank Komersial Mandiri Surabaya harus melakukan evaluasi dan peningkatan keamanan untuk membuat pengguna merasa sangat puas dengan sistem yang digunakan. Penelitian ini memiliki keterbatasan metode pengambilan sampel dan analisis, jadi bagi para peneliti lain yang ingin memeriksa hal yang sama, mereka harus menambahkan sampel dan menggambar kualitas sistem hubungan dengan kualitas informasi.

English Abstract

Development of information technology has positive contribution to information systems utilizing by using web technology as a medium for obtaining information universally. Almost all business units in various sectors need information systems. The requirement for sophisticated technology and the selection of appropriate information systems also need to be considered by the company. It can be used to support the creation of information which can facilitate the flow of operational business activities in relation to the companys main goal. The purpose of this study were to (1) Analyze and explain the influence of convenience, ease of use, and security variables have simultaneous influence on customer satisfaction on Mandiri Internet Banking, (2) Analyze and explain the influence of convenience, ease of use, and security variables have partial influence on customer satisfaction on Mandiri Internet Banking, (3) Analyze and explain which variable have significantly influence on customer satisfaction. This study is quantitative research. The research was conducted in Mandiri Commercial Bank Surabaya Branch. Variable which was used are Convenience (X1), easy of use (X2), security (X3) and consumer satisfaction (Y). The amount population of this study is 100 people that used as sampled. Primary data obtained from questionnaires and interviews spread. Secondary data obtained from sources that have been collected to support the primary data. The data analyses were descriptive statistical analysis and analysis with rank spearman correlation. Data were processed by a computer program SPSS for windows version 20.00. The results study showed that there is a strong correlation between a variable security (X3) with consumer satisfaction (Y). The conclusion from this study show that the security quality has been able to fulfill the correlation with consumer satisfaction. Suggestions for Mandiri Commercial Bank Surabaya Branch should conduct the evaluation and improvement of the security to make users feel very satisfied with the system used. This study has the limitations of sampling and analysis methods, so for another researchers who want to examine the same thing, they should add the sample and draw the line relationships system quality with information quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/242/051503902
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2015 15:03
Last Modified: 20 Oct 2021 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117276
[thumbnail of PREFACE.pdf]
Preview
Text
PREFACE.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TABLE_OF_CONTETS.pdf]
Preview
Text
TABLE_OF_CONTETS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Prama_Pratyaksa.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Prama_Pratyaksa.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Pernyataan_Orlgnaltas.pdf]
Preview
Text
Surat_Pernyataan_Orlgnaltas.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item