Evaluasi Deliberatif Terhadap Penyelenggaraan Kebijakan Kampus Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Pada Universitas Brawijaya Malang)

Fauziyah, Siti (2015) Evaluasi Deliberatif Terhadap Penyelenggaraan Kebijakan Kampus Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Pada Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pengalaman peneliti sebagai mahasiswa dalam mengikuti pelaksanaan kebijakan kampus inklusif di Universitas Brawijaya. Pada faktanya masih banyak kendala yang dihadapi mahasiswa penyandang disabilitas dalam melakukan kegiatan akademiknya. Tujuan penelitian ini melihat seberapa tepat kebijakan kampus inklusif dibuat untuk penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya dengan melakukan evaluasi deliberatif, di sisi lain melihat stakeholders yang terlibat dalam evaluasi dan hasilhasil evaluasi yang didapat selama proses deliberatif berlangsung. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan analisis data model interaktif dan analisis model partisipasi yang bersifat deliberatif dan inklusif. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa evaluasi kebijakan kampus inklusif dilakukan seminggu sekali melalui rapat rutin PSLD UB. Sumber evaluasinya berdasarkan laporan yang diterima oleh pihak PSLD. Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti memfokuskan pada pelayanan yang diberikan oleh PSLD UB teridir dari (1) pelayananan tutorial, (2) pelayanan pendampingan, dan (3) pelayanan konseling. Stakeholders yang terlibat dalam melakukan evaluasi yaitu stakeholders kunci, stakeholders primer dan stakeholders tambahan. Hasil-hasil yang didapatksn dalam melakukan evaluasi deliberatif (a) memperhatikan jumlah pendampingan di kelas; (b) disability awareness kepada dosen-dosen dan staff administrasi UB melalui video; (c) pembangunan infrastruktur yang aksesibel untuk penyandang disabilitas dengan memprioritaskan jumlah penyandang disabilitas di setiap fakultas; (d) mengawasi dan menyebarkan disability awareness kepada mahasiswa UB di setiap organisasi-organisasi. Berdasarkan hasil penelitian maka pihak Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSLD UB) harus mengkoordinasikan di setiap fakultas dan biro administrasi terkait pelayanan-pelayanan yang diberikan kepada penyandang disabilitas di UB. Kepada pihak Universitas Brawijaya meningkatkan pemahaman seputar isu-isu disability awareness dan sistem inklusif, dan kepada Rektor Universitas Brawijaya UB untuk memberi ketegasan kepada setiap fakultas dalam melaksanakan kebijakan kampus inklusif di UB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/224/ 051503607
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Jun 2015 09:41
Last Modified: 01 Jun 2015 09:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117257
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item