Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading Nganjuk)

Ashari, RizmaAdelia (2015) Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya, adanya sistem di dalam suatu perusahaan sangat membantu dalam menjalankan setiap kegiatan-kegiatannya. Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan merupakan salah satu sistem akuntansi yang ada di setiap perusahaan. Adanya sistem akuntansi penggajian dan pengupahan ditetapkan dengan tujuan untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang dapat merugikan perusahaan. Agar sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka suatu sistem juga harus di dukung oleh pengendalian intern. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian deskriptif, yaitu dengan cara menggambarkan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan serta pengendalian internnya. Penelitian ini berfokus pada struktur organisasi, fungsi-fungsi yang terkait, informasi yang di butuhkan oleh manajemen, dokumen yang digunakan, catatan yang digunakan, jaringan yang membentuk sistem akuntansi penggajian dan pengupahan, serta pengendalian internnya (sistem otorisasi, prosedur pencatatan, praktek yang sehat, dan karyawan yang cakap di bidangnya). Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh Perusahaan Rokok Cengkir Gading Nganjuk telah berjalan dengan baik dan telah memenuhi unsur-unsur pengendalian intern, namun masih ada kekurangan-kekurangan, seperti Bagian Akuntansi yang masih berada satu bagian dengan Bagian Keuangan dan tidak adanya petugas khusus yang mengawasi karyawan saat check clock. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu : sebaiknya Bagian Akuntansi dipisah dari Bagian Keuangan untuk menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan, dan sebaiknya ada petugas khusus yang mengawasi karyawan saat melakukan check clock untuk menghindari karyawan yang datang terlambat menitipkan kartu jam hadir ke karyawan lain untuk melakukan check clock.

English Abstract

Basically, a system in a company is very helpful in carrying out any activities. Salaries and wages accounting system is one of the existing accounting system in each company. A system of payroll accounting and wages are set in order to avoid fraud that could hurt the company. In order for payroll and wage accounting system can run as expected, then the system must also be supported by internal control. This research was conducted using descriptive research, that is by describing the system of wage and payroll accounting and its internal control. This study focuses on the organizational structure, functions related to, the information needed by management, document use, records used, which form a network of payroll accounting systems and wages, as well as its internal control (authorization system, recording procedure, practice healthy , and personnel who are knowledgeable in the field). Based on the research and analysis that has been done, it can be seen that payroll and wage accounting system by the Company Cigarette Cengkir Gading Nganjuk has gone well and has met the elements of internal control, but there are still shortcomings, such as the Accounting Section which is still a part of the Finance Department and the absence of special officers who supervise employees check the clock. Advice can be given in this study are: Accounting Section should be separated from the Finance Department to avoid possible fraud, and there should be special officers who supervise employees when doing check the clock to avoid employees who come late to the present hour card entrust another employee to do check the clock.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/196/ 051503410
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 May 2015 14:57
Last Modified: 21 May 2015 14:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117226
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item