Hamidah, Nurul (2015) Pengaruh Pelayanan Prima Dan Penerapan Self Asessment System Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pajak mempunyai peran dominan dalam penerimaan negara, penerimaan yang berasal dari pajak lebih besar dibandingkan penerimaan yang berasal dari PNBP maupun hibah, Penerimaaan Negara digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin & pembangunan nasional. Kementrian Keuangan memiliki instansi Direktorat Jendral Pajak yang bertugas untuk menghimpun dan menggali potensi perpajakan. Beberapa inovasi terus dilakukan demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya dengan pelayanan prima. Selain pelayanan prima bentuk pelayanan kepada masyarakat dengan penerapan self asessment system. Kepuasan wajib pajak merupakan tolak ukur dalam keberhasilan pelayanan, jika kepuasan wajib pajak berhasil didapatkan maka tujuan oraganisasi dalam mecapai loyalitas dan penerimaan pajak tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan wajib pajak, penerapan self asessment system terhadap kepuasan wajib pajak, dan mengetahui seberapa jauh pengaruh pelayanan prima dan self asessment system secara bersama-sama terhadap kepuasan wajib pajak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan pajak (KPP) Pratama Batu dengan instrumen penelitian kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Pelayanan Prima (X1), Variabel Self Asessment System (X2), berpengaruh positif signifikan terhadap Variabel Kepuasan Wajib Pajak (Y). Pada penelitian ini diketahui juga bahwa kedua variabel bebas yaitu X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif terhadap Variabel Kepuasan Wajib Pajak (Y). variabel Self asessment System mempuyai pengaruh cukup signifikan terhadap kepuasan wajib pajak ditunjukkan dengan nilai beta sebesar 6.378 Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara Variabel Pelayanan Prima, Self Asessment System terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dengan demikian diharapkan KPP Paratama Batu lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mengevaluasi pelaksanaan self asessment system agar kepuasan wajib pajak dan tujuan KPP Pratama Batu dapat tercapai.
English Abstract
Tax has a dominant role in state revenues, revenues from taxes is greater than that derived from non-tax revenues and grants, state revenues are used to finance routine expenses and national development. The Ministry of Finance has the authority in charge of the Tax Office to collect and explore the potential of taxation. Several innovations continue to improve services to the community, one of them with excellent service. in addition to excellent service to the community service form with the application of self-assessment system. Taxpayer satisfaction is a measure of the success of the service, if the taxpayer satisfaction secured the organizations goals in mecapai loyalty and tax revenue reached. The purpose of this study was to determine the effect of excellent service to the satisfaction of the taxpayer, the application of self-assessment system to the satisfaction of the taxpayer, and find out how much influence excellent service and self-assessment system together towards satisfaction of the taxpayer This type of research used in this research is an explanatory research with a quantitative approach. The samples used were 100 respondents individual taxpayers residing in the village batu the research instrument questionnaire. Analysis of the data used is descriptive statistical analysis and multiple linear analysis. The results showed that the Variable Service Excellence (X1), Variable Self assessment System (X2), significant positive effect on variable Taxpayer Satisfaction (Y). In this research note also that two independent variables, X1 and X2 have a positive influence on the Taxpayer Satisfaction variable (Y). Self assessment system variables have a significant effect on the taxpayer satisfaction indicated by the beta value of 6378. The conclusion from this study is that there is a positive influence between variables Excellent Service, Self assessment system to the satisfaction of the individual taxpayer. it is expected KPP Paratama Batu further improve service to the community and continue to evaluate the implementation of the self-assessment system that taxpayer satisfaction and KPP Pratama Batu’s goal can be achieved.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/191/ 051503330 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 21 May 2015 09:24 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117221 |
![]() |
Text
NURUL HAMIDAH.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |