Analisis Penerapan Sistem Penyaluran Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Kredit (Studi Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Blitar Unit Dayu)

AlUla, Zamro`atusSa`adah (2015) Analisis Penerapan Sistem Penyaluran Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Kredit (Studi Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Blitar Unit Dayu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak jauh dari peran perbankan yang ada di Indonesia. Keberadaan lembaga keuangan sangat diperlukan oleh masyarakat, fungsi bank sebagai penyalur dana akan sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Saat bank menyalurkan dana ke masyarakat dalam bentuk kredit bank akan memperoleh keuntungan namun bank juga harus memperhitungkan risiko kredit yang mungkin terjadi. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Blitar Unit Dayu merupakan salah satu unit BRI yang ada di Kabupaten Blitar yang menyediakan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) untuk membantu pendanaan masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Kupedes merupakan salah satu jenis kredit mikro, prosedur penyaluranya yang mudah, berbunga wajar, dan dalam penyaluranya perlu pemahaman secara tepat dalam artian memiliki usaha yang dinilai layak. Maka dari itu dalam penyalurannya diperlukan pengendalian kredit yang baik supaya dalam sistem dan prosedur penyaluranya dapat berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem penyaluran Kupedes yang ada di BRI Unit Dayu dan untuk mengetahui pengendalian kredit saat penerapan sistem penyaluran Kupedes pada BRI Unit Dayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah penerapan sistem penyaluran Kupedes mulai dan aspek-aspek pengendalian kredit yang sudah diterapkan BRI Unit Dayu saat penerapan sistem penyaluran Kupedes. Berdasarkan hasil penelitian pada BRI Unit Dayu ditemukan adanya perangkapan fungsi pada Mantri. Mantri bertugas sebagai petugas yang melaksanakan analisis kredit, penilai jaminan, dan yang melaksanakan monitoring on site serta monitoring off site. Pada saat permohonan kredit belum ada formulir checklist kelengkapan persyaratan, formulir ini digunakan untuk memudahkan Customer Service dalam memeriksa kelengkapan berkas persyaratan permohonan kredit milik debitur dan Customer Service belum melaksanakan wawancara. Pada saat monitoring belum dilaksanakan kunjungan ke tempat debitur secara rutin, Mantri hanya melaksanakan kunjungan ke tmpat debitur jika debitur tersebut sudah mengalami penunggakan. Sebaiknya pada BRI Unit Dayu saat permohonan kredit Customer Service membuat formulir checklist kelengkapan persyaratan untuk memudahkan Customer Service dalam meneliti kelengkapan berkas persyaratan permohonan kredit milik debitur, dan memudahkan debitur untuk melengkapi persyaratan permohonan kredit. Pada saat proses analisis kredit sebaiknya ada pembagian tugas antara penilai jaminan dan yang melaksanakan analisis kredit sehingga tidak v ada rangkap fungsi. Sebaiknya analisis kredit dan penilaian agunan dilaksanakan oleh Mantri yang berbeda jadi Mantri yang melaksanakan tugasnya masing-masing bisa fokus dan dapat meminimalisir kesalahan penilaian terhadap agunan / analisis kredit. Pada saat monitoring on site seharusnya dilaksanakan secara rutin minimal sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh BRI Pusat, baik untuk debitur lancar / debitur yang menunggak. Monitoring akan lebih baik jika kunjungan dilaksanakan 1 bulan sekali tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu jadi bisa melihat keadaan yang sesungguhnya terjadi tanpa ada rekayasa dari debitur.

English Abstract

Banking takes an important role toward the economics growth in Indonesia. The existence of monetary institution is essentially needed for the citizen; banks functioning as the financial distributor become the great help to develop people’s business. Whilst banks issues a certain financial support to the citizens in the form of credits, banks will obtain any incomes, nevertheless banks have to consider the risks of credits given that might arise as well. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Blitar Unit Dayu is one of BRI unit located in Blitar Regency which provides Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) to give financial support to the citizens in developing their businesses. Kupedes is a type of micro credits; the procedure of distributing the support is uncomplicated, the interests is considerably costumary, dan the insight of what businesses considered appropriate to be supported is required. Therfore, in distributing the financial supports, fine credit controlling is needed to ensure that the system and the procedure of distribution are conducted well. The purpose of this study is to identify Kupedes distribution system in BRI Unit Dayu and to identify the credit controlling on Kupedes distribution system in BRI Unit Dayu. The research design used is descriptive research. The focus of this research is the implementation of Kupedes distribution system and the aspects of credit controlling which has been employed by BRI Unit Dayu whilst implementing Kupedes distribution system. Based on the result of the research in BRI Unit Dayu, the researcher noticed that there was a multi-role of Mantri. Mantri is responsible to conduct credit analysis, to evaluate tha warrants, and to run monitoring on site and monitoring off site. When one is applying credit and there is no checklist form of requirements completeness, this form is used to facilitate the Customer Service to validate the completeness of required files for applying a credit owned by the debtor and the Customer Service has not conducted any interviews. At the time when monitoring has not been managed and there is no debtor-visiting agenda conducted, Mantri will only come to visit the debtor if the debtor has any arrears. It is recommended that BRI Unit Dayu provides checklist form of requirements when there is anyone applying for credits to facilitate the Costumes Service in evaluating the completeness of required files to apply for credits owned by the debtor, and to assist the debtor to fill out the credits requirements. On the process of credit analysis, it is suggested that there is a clear division of chore between who evaluate the warrants and who analyze the credits, hence there will be no multi-role emerging. It is proposed that the credit analysis and agunan vii evaluation are carried out by two different men in charge (in this term, Mantri), thus Mantri can fully focus on their own chores and can minimize errors in evaluating agunan or in analyzing the credits. Monitoring on site is advocated to be conducted regularly in accordance to the determined procedure dictated by BRI Pusat; either to debtor having any arrears or those who do not. Monitoring will have a very good impact if it is conducted once in a month without any prior notifications, thus the sole conditions of the debtors can be observed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/157/ 051503008
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Apr 2015 10:21
Last Modified: 28 Apr 2015 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117182
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item