Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun)

Juliyanto, IlhamTri (2014) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era globalisasi seperti saat ini persaingan di dunia bisnis yang dihadapi setiap perusahaan menjadi sangat ketat seiring dengan pertumbuhan perekonomian, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan dunia bisnis meningkat pesat saat ini terutama pada sektor jasa transportasi. Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki peran cukup strategis dalam ekonomi nasional sesuai dengan UU No. 23 Tahum 2007 tentang perkeretaapian. PT. KAI sebagai BUMN harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kepentingan Negara dan kemakmuran rakyat, dalam hal ini diartikan sebagai memberikan pelayanan. Kualitas pelayanan yang prima merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan konsumen atau bahkan menarik konsumen. Terkait dengan masalah kualitas pelayanan PT. KAI yang dinilai terus memburuk, terutama soal keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keterlambatan kereta api, PT KAI berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan sesuai dengan SPM dan SOP yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT. KAI DAOP VII Madiun dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, serta mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan PT. KAI DAOP VII Madiun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api yang dilakukan PT. KAI DAOP VII Madiun dapat dikatakan berhasil untuk mengatasi masalah pelayanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan keselamatan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan master strategy seperti enterprise strategy, Corporate strategy, bussines strategy dan functional strategy oleh PT. KAI DAOP VII Madiun dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, untuk pemerintah diharapkan dalam pembayaran PSO tidak terjadi keterlambatan. Untuk PT. KAI diharapkan meningkatkan kontrol terhadap kondisi sarana dan prasarana, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan, petugas di stasiun bersikap sesuai dengan SPM yang berlaku. Kemudian untuk masyarakat diharapkan menghentikan kebiasaan buruk, melakukan pengrusakan sarana dan prasarana kereta api dan untuk pedagang asongan dan calo tiket diharapkan mematuhi aturan hukum yang telah ditetapkan.

English Abstract

In this globalization, competition in business world has become very strict to face, due to the growth in economy and technology. Growth in business increasing so fast, specifically in transportation service. Train has become one of the strategic choice for economic from transportation point of view, stated in UU No. 23 2007 about Trains. PT. KAI as State-Owned Enterprise should be giving a real contribution to State interest and people prosperity, in this case its described to give more service in their business process. Good quality of service is one of important things that can keep customer satisfied or even can gather more of them. Ironically, the quality of service in PT. KAI has been poorly decreasing, especially in security, safety, comfort and delay, these problem can be overcome by give more quality of service according to Minimum Service Standard and Operational Procedure Standard. This research intended to discover the strategic which applied by PT. KAI DAOP VII Madiun for increasing the quality of service in train transportation, supporting factor and inhibiting factor strategic in increase of quality of service of PT. KAI DAOP VII Madiun. In this research, uses descriptive research with qualitative approach and use analysis method from Miles Huberman. According to result of this research, strategic for increasing the quality of service in trains transportation which used by PT. KAI DAOP VII Madiun can be categorized as successfully to overcome the service, comfort, delay and safety problems. Master strategy like enterprise strategy, corporate strategy, business strategy and functional strategy used to overcome all those problems by PT. KAI DAOP VII Madiun. From research result, government are expected to fulfil Public Service Obligation without delay. As for PT. KAI, expected to increase control to infrastructure, quality of employees development, officer at railway station should be act according to Minimum Service Standard. And those will achieve nothing if community cant stop their bad habits that inhibit the development of PT. KAI, as vandalism to infrastructure, tickets broker and non official railway station merchant which not work properly as rule describe.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/14/051501191
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Feb 2015 15:40
Last Modified: 20 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117164
[thumbnail of 051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf] Text
051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (31kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item