Diyar, MochamadRobawi (2015) Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Jasa (Studi Kasus Pada Seventy Razors Barbershop Cabang Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seventy Razors Barbershop Cabang Malang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dan jenis jasa yang ditawarkan adalah jasa potong rambut. Target pasar usaha barbershop hanya melayani pelanggan pria saja dan tidak terlalu spesifik. Jasa ini tidak mengkhususkan terhadap umur, dan profesi, barbershop terbuka untuk para konsumen semua jenis kalangan, mulai dari anak-anak pelajar, mahasiswa, remaja, lelaki dewasa, hingga yang sudah berumur. Visi dari Seventy Razors Barbershop ini adalah menjadi group Barbershop terkemuka yang menawarkan jasa barber yang komperhensif. Seventy Razor Barbershop terus berusaha untuk meningkatkan teknologi yang digunakan perusahaan karena akan lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan kinerja karyawan sehingga secara langsung sistem informasi memberikan peran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi bagaimana prosedur dan implementasi sistem informasi pelayanan jasa pada Seventy Razors Barbershop cabang Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengindnetifikasi bagaimana implementasi sistem informasi pelayanan jasa pada Seventy Razors Barbershop cabang Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan triangulasi data, dokumentasi dan observasi nonpartsipan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dibandingkan antara teori dan kondisi perushaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam prosedur yang diterapkan dalam melakukan transaksi sudah cukup baik, Seventy Razors Barbershop cabang Malang menggunakan software Microsoft Exel 2010 dalam pengelolaan data. Namun, masih ada beberapa kelemahan yang ditemukan di lapangan. Walaupun prosedur yang digunakan sudah cukup baik tetapi ada beberapa bagian yang masih belum efisien karena seperti dalam penghitungan jumlah bulanan berupa jumlah pelanggan yang telah dilayani per tiap barber-nya, penghitungan gaji yang masih manual, data yang terkadang masih tercecer, dan belum adanya peraturan-peraturan tertulis yang terkait dengan masing-masing tanggung jawab setiap jabatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/1064/051704099 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 14:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2017 14:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117128 |
Actions (login required)
View Item |