Pelayanan Kesehatan Dengan Menggunakan Kartu Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Menuju Pada Pelayanan Prima (Studi Kasus Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Law

Royanti, Dinda (2017) Pelayanan Kesehatan Dengan Menggunakan Kartu Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Menuju Pada Pelayanan Prima (Studi Kasus Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Law. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu negara sangat dibutuhkan peran penting dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang diberikan oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi negara. Pemerintah meupakan aktor pemberi layanan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang diberikn kepada masyarakat bisa berupa pelayanan kebutuhan dasar dan pelayanan umum. Salah satu pelayanan kebutuhan dasar yang wajib diberikan oleh pemerintah yaitu pelayanan kesehatan. Utuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah Indonesia meluncurkan program Jaminan Kesehatan yang dinaungi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun semenjak program tersebut di implementasikan, muncul berbagai permasalahan khususnya pada sektor pelayanan publik. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Yang mana tujuannya yaitu untuk menggambarkan tentang pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu BPJS kesehatan menuju pada pelayanan prima di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Kabupaten Malang. Rumah Sakit Umum Daerah Lawang adalah salah satu rumah sakit milik pemeintah yang hingga saat ini masih setia dalam menjalankan program BPJS Kesehatan. Semenjak diberlakukannya program tersebut terhitung di tahun 2015 sudah sekitar 32.205 pengunjung yang telah menggunakan pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan di RSUD Lawang. Namun dalam implementasinya terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak RSUD Lawang hingga saat ini. Salah satu permasalahan yang paling mendasar yaitu SDM (Sumber Daya manusia), Sosialisasi, Komunikasi, dan lain sebagainya Jika dikaitkan dengan Interuksi Mentri Kesehatan Republik Indonesia No.828/MENKES/VII/1999 tentang Pelaksanaan Pelayanan Prima Bidang Kesehatan, RSUD Lawang belum bisa tergolong dalam rumah sakit yang sesuai dengan indikator tersebut. Ada beberapa hal yang belum bisa dilaksanakan oleh pihak rumah sakit, salah satunya terkait dengan sosialisasi, tidak adanya loket informasi, kurangnya kesopanan dn keramahan pegawai dan lain sebagainya yang dapat menimbulkan ketidak nyamanan masyarakat. Solusinya yaitu dibuatnya ruangan sendiri untuk pelayanan informasi, pemanfaatan papan pengumuman atau exbenner, dipererat kembali komunikasi antar berbagai pihak yang terkait dengan pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Terus mengembangkan inovasi-inovasi baru terkait pelayanan BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1062/051703150
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 May 2017 10:34
Last Modified: 20 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117126
[thumbnail of aaaaa.pdf]
Preview
Text
aaaaa.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item