Pengaruh Jumlah Koleksi Referensi Dan Relevansi Koleksi Referensi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna (Studi Pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Jawa Timur)

Putra, OdityaNegaraPratama (2015) Pengaruh Jumlah Koleksi Referensi Dan Relevansi Koleksi Referensi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna (Studi Pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan umum berfungsi untuk memberikan kesempatan bagi umum untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan kearah kehidupan yang lebih baik dan memberikan sumber informasi yang cepat, tepat, dan murah bagi masyarakat.Perpustakaan umum didirikan oleh pemerintah untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat.Sedangkan salah satu layanannya yaitu layanan referensi yang berisi sumber referensi perpustakaan yang terdiri dari ensiklopedia, kamus, statistic, dan bahan rujukan lainnya sebagai salah satu layanan yang difokuskan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Kajian teori dalam penelitian ini yaitu konsep mengenai perpustakaan, konsep mengenai koleksi referensi, konsep mengenai kebutuhan informasi, dan konsep mengenai pemustaka.Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif korelasional. Data ini bisa berupa angka-angka serta dapat pula berasal dari data kualitatif yang ditransformasikan menjadi angka atau dengan kata lain memberikan kode data kualitatif tersebut sesuai dengan kriteria penilaian. Adapun fokus penelitian ini mengacu pada jumlah koleksi referensi yang berada diBadan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta relevansi atau kelayakan koleksi referensi di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah koleksi referensi yang terdiri dari koleksi kamus, koleksi ensiklopedi, koleksi katalog, koleksi bibliografi, koleksi indeks, koleksi abstrak, koleksi direktori, koleksi terbitan pemerintah, koleksi statistic, dan koleksi buku tahunan memiliki presentase tertinggi menjawab cukup dengan klasifikasi C dan interval 3. Begitu juga dengan relevansi dan kelayakan presentase tertinggi menjawab cukup dengan klasifikasi C dan interval 3.Klasifikasi C dengan interval 3 merupakan bukti bahwa jumlah koleksi referensi, relevansi serta kelayakan koleksi referensi di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur belum mencapai nilai maksimal atau tertinggi.

English Abstract

The function of general library is giving change for everyone reading substance book to up level life more than good and giving source information to fast, exact, and cheap for society. General library build of government to serve information for society. One of service is reference which contents of source library such as encyclopedia, dictionary, statistic, and other as one of service focus to give ease for user to have information which there want. Theory of study in this research is concept of library, concept of reference collection, concept of information necessity, and concept of librarian. Type of this research is description of quantitative. Analysis data on this research is analysis description correlations. This data content of digits and from data qualitative to be change digits or give codes that data qualitative same with evaluation. Focus in this research refer to amount of reference collection on Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur and relevance or reasonable of reference collection on Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. The Result in this research is amount of reference collection such as dictionary collection, encyclopedia collection, catalogue collection, bibliography collection, index collection, abstract collection, directory collection, government publication collection, statistic collection, and book of the year collection get highest presentation is answered enough with classification C and interval 3. Classification C with interval 3 is proof amount of reference collection, relevance and reasonable reference collection on Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur not yet get score maximal or highest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1047/051611887
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Nov 2016 11:06
Last Modified: 20 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117110
[thumbnail of SKRIPSI_BAB_1_SAMPAI_5.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB_1_SAMPAI_5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item