Ghifary, MuhammadTahajjudi (2015) Analisis terhadap Dimensi-dimensi Social Capital yang Memengaruhi Kinerja Pegawai (Studi pada BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia diyakini memiliki peran penting dalam pengelolaan organisasi. Selain human capital, unsur penting yang diperlukan dalam menapaki awal operasionalisasi suatu organisasi adalah social capital. Dalam perspektif sumber daya manusia, social capital merupakan upaya bagaimana sumber daya yang terdapat pada organisasi menjadi aspek penting dalam pembentukan organisasi. Social capital didefinisikan sebagai serangkaian sumber daya potensial dan aktual yang tersedia pada jejaring organisasi yang dikembangkan oleh individu maupun kelompok. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tingkat keterpengaruhan structural social capital, relational social capital, cognitive social capital terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Penelitian akan membuktikan empat hipotesis yaitu adanya pengaruh positif structural social capital terhadap kinerja pegawai, pengaruh positif relational social capital terhadap kinerja pegawai, pengaruh positif cognitive social capital terhadap kinerja pegawai serta adanya pengaruh positif structural, relational dan cognitive terhadap kinerja pegawai. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, serta menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 52 responden yang merupakan total populasi. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dan dianalisis menggunakan kaidah-kaidah statistik. Variabel-variabel independen dan dependen diuji dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda. Diperoleh temuan bahwa structural social capital, relational social capital maupun cognitive social capital secara terpisah mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Interaksi sosial, tingkat kepercayaan serta kesamaan dalam mengartikan visi perusahaan dipandang merupakan aspek yang dapat mewarnai kinerja pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Ketika ketiga dimensi ini disatukan (unidimensi) masih tampak adanya pengaruh terhadap kinerja pegawai. Tetapi manakala ketiga dimensi social capital tersebut diperlakukan secara multidimensi tidak diperoleh hasil keterpengaruhan yang signifikan. Social capital sebagai satu kesatuan faktanya tidak dapat diposisikan pada dimensinya masing-masing, namun harus diletakkan sebagai sebuah kerangka dimensi yang utuh. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menampilkan variabel-variabel lain yang terkait dengan kinerja pegawai seperti motivasi, kemampuan serta peluang. Selain itu, diperlukan juga penelitian yang mengaitkan teori social capital ini dengan teori-teori yang berhubungan dengan perilaku keorganisasian.
English Abstract
Human resource development is believed to have an important role in the management of organization. In addition to human capital, essential elements required in tracking early operationalization of an organization is social capital. In the perspective of human resources, social capital is an attempt of which how an organizational resources becomes an important aspect in the formation of the organization. Social capital is defined as number of potential and actual resources are available on the network organization developed an individual or group. The purpose and goal of this study was to assess the level of influencing of several social capital dimension, namely structural social capital, relational social capital, cognitive social capital on staff performance of BPJS of Health Pasuruan Branch. Research will prove four hypothesis that the positive influence of structural social capital to staff performance, positive influence relational social capital to staff performance, positive influence cognitive social capital to staff performance and the positive influence of structural, relational and cognitive to staff performance. The design of this research is quantitative research, and using cross sectional approach with a sample of 52 respondents which is the total population. Data were collected through questionnaires and analyzed using statistical rules. Independent variable and dependent variable were tested using simple and multiple linear regression. Obtained by the finding that separately structural social capital, relational social capital and cognitive social capital have a positive influence on staff performance of BPJS of Health Pasuruan Branch. Social interaction, the level of trust and similarity in interpreting the vision of the company is an aspect of influence the staff performance of BPJS of Health Pasuruan Branch. When these three dimensions together (unity dimensional) still appear to be any influence on staff performance. But when the three dimension of social capital is treated as a multidimensional influence no significant results. In fact, social capital as a unity can’t be positioned on each of its dimensions, but must be placed as a whole dimension framework. In further research is recommended to display other variables related to the staffs performance as motivation, ability and opportunity. In addition, research is needed to associate the theory of social capital with theories of the organization behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/10/051501187 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 10:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 00:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117060 |
Preview |
Text
Muhammad_Tahajjudi_Ghifary_115030200111005.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |