Analisis Lingkungan Bisnis sebagai Dasar Perumusan Strategi Perusahaan dalam Menghadapi Persaingan Global (Studi Kasus pada CV. Kaboel Craft, Desa Kasongan Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Yogyakarta)

Ambarwati, Erni (2014) Analisis Lingkungan Bisnis sebagai Dasar Perumusan Strategi Perusahaan dalam Menghadapi Persaingan Global (Studi Kasus pada CV. Kaboel Craft, Desa Kasongan Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berekspansi ke kancah internasional menjadi suatu cara bagi perusahaan untuk dapat meyakinkan bahwa produk yang ditawarkan dapat diterima pasar. Hal ini sekaligus memastikan bahwa perusahaan telah melakukan strategi yang tepat untuk dapat menguasai pasar dan melawan para pesaing dalam industri sejenis maupun pesaing dalam industri lain yang berkaitan. Ekspor menjadi suatu pilihan tepat karena tingkat kesulitannya yang relatif rendah dan alternatif risiko yang relatif kecil. Sehingga, tidak jarang banyak industri atau usaha kecil yang menggunakan ekspor sebagai cara untuk memasuki pasar internasional. CV. Kaboel Craft, salah satu Industri Kecil Menengah yang fokus pada industri kerajinan kreatif keramik hias. Berekspansi ke beberapa negara seperti Spanyol, Itali, Belanda, Perancis, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan Afrika Selatan memberikan kesempatan maupun ancaman pada pasar internasional. Menghasilkan strategi alternatif yang tepat dan mengimplementasikan pada perusahaan guna menghadapi persaingan global merupakan tujuan dari penelitian ini. Menggunakan alat analisis yang tersedia yakni IFAS dan EFAS sebagai tahap pengumpulan data pada lingkungan eksternal dan internal perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan matriks IE dan matriks TOWS sebagai tahap analisis data, dan diakhiri dengan tahap akhir yakni tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSPM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun fokus dari penelitian ini antara lain: menganaisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, merumuskan alternatif strategi yang tepat, dan menetapkan alternatif strategi tersebut pada perusahaan guna menghadapi persaingan global. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara in depth interview dengan responden yang memiliki wewenang, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki potensi untuk mampu menghadapi persaingan global dengan total skor EFAS 3.10 dan IFAS 3.16. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan global setelah dilakukan analisis pada QSPM yakni strategi pengembangan produk, dan diikuti dengan strategi perluasan pasar, serta didukung dengan beberapa alternatif cara guna mendukung kedua alternatif strategi tersebut.

English Abstract

International expansion has become a way for the firm to assure that the product are internationally acceptable. Moreover, it ensures that the firm already has its own strategy to be market leader in similar industries or in related industries. Export is an option because it has low difficulty level and small relatively risk when the firm decides to entry international market especially for SME. CV Kaboel Craft, one of The SMEs which focuses on decorative ceramics industry. It has been expanding to several countries such as: Spain, Italy, Netherlands, France, South Korea, Singapore, Malaysia, and South Africa. However, in interbational market exactly in decorative ceramic, Kaboel Craft has to face the competitors. The goal of this research is to find alternatives strategy and apply its strategy on the firm to face global competitors. Using analysis tools as research methods such as IFAS and EFAS as stage of data collection on the eksternal and internal environment of the firm, then proceed with the matrix IE and matrix TOWS as stage of data analyze and the ends with matrix QSPM to making decision. The type of this research is qualitative descriptive approach. The focus of this research are analyze eksternal and internal environment, formulate an appropriate alternatives strategy, and set its strategy. Through data collection technique in dept interview, documentation, observation, and literature studies. The result shows that, the firm has potential power to face global competitors with EFAS score 3.10 and IFAS score 3.16. Alternatives strategies that can be use in the firm after using QSPM Matriks are product development’s strategy, following by market development’s strategy, also supported with some alternative ways to support both of its strategy.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/811/051501169
Uncontrolled Keywords: Ekspor, Strategi, dan Analisis SWOT; Export, Strategy, SWOT Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2015 15:01
Last Modified: 04 Jan 2022 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116960
[thumbnail of SKRIPSI_ERNI AMBARWATI.pdf] Text
SKRIPSI_ERNI AMBARWATI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (33kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item