AgungAR, RFirman (2014) Evaluasi Peranan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu Berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Pajak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor perpajakan merupakan salah satu sumber penerimaan negara, namun penerimaan sektor perpajakan masih belum optimal, karena tingkat kepatuhan wajib pajak yang masih rendah. Direktorat Jenderal Pajak melakukan upaya dengan cara merumuskan dan melaksanakan standarisasi di bidang perpajakan guna untuk mengoptimalisasi penerimaan di sektor perpajakan. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak yang bertugas di daerah, memiliki peranan dalam memberikan pengertian dan pemahaman mengenai peraturan perpajakan, aspek administrasi dan prosedur perpajakan berdasarkan peraturan Direktorat Jenderal Pajak. Tujuan penelitian ini, yakni mengetahui dan mengevaluasi peranan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Kota Malang dengan situs penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara dan studi dokumenter. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan form pencatatan dokumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dalam melaksanakan peranannya, KPP Pratama Batu melaksanakan kegiatan penyuluhan, pelayanan terhadap pelaporan SPT Tahunan dan tindakan penegakan sanksi. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan telah sesuai dengan peraturan perpajakan baik dalam manajemen kegiatan, fokus penyuluhan dan cara melaksanakan penyuluhan terhadap wajib pajak. Pemberian layanan pelaporan SPT Tahunan tidak sesuai peraturan karena layanan pojok pajak belum dilaksanakan dan layanan mobil pajak terhambat disebabkan sarana tersebut tidak dimiliki. Tindakan penegakan sanksi melalui pemeriksaan yang dilaksanakan KPP Pratama Batu telah sesuai dengan peraturan perpajakan, yakni pemeriksaan dilakukan atas terbitnya Surat Perintah Pemeriksaan dan pemeriksaan yang dilakukan atas tujuan menguji kepatuhan dan tujuan lain dalam melaksanakan ketentuan perpajakan.
English Abstract
Tax sector is one of the nation income source, however tax income is still not optimum because the taxpayer obedience level is still low. Direktorat Jenderal Pajak doing effort with formulating and implementing standardization in tax sector to increase taxpayer obedient. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu as the vertical institution of Direktorat Jenderal Pajak that has duty in regions, has role in giving understanding about tax laws, administration aspect and tax procedures according Direktorat Jenderal Pajak’s laws. The purpose of the research is to evaluate the role of KPP Pratama Batu in accordance with the laws that formulated by Direktorat Jenderal Pajak. This research is using qualitative approach with a descriptive method. The location of the research is in Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. The use of data source in this research are primary and secondary data source. The data collection method in this research is interview and documentary. The instrument of this research is interview guide and document recording form. The method of analysis in this research is interactive model from Miles & Huberman. According to the result of this research, in order to implement it role, KPP Pratama Batu has implemented an activity of dissemination, a service towards letter of tax’s announcement, and an action of sanctions enforcement. The implementation of dissemination activity is suitable with the law of tax, both in terms of the management of the activity, the focus of dissemination, and the way of implementing the dissemination towards taxpayer. The service of letter of tax’s announcement is not suitable with the rules because of the non-perform of the tax corner and the inhibition of tax car service caused by the unexisted of the tools. KPP Pratama Batu has been doing an action to maintain sanctions. It is already suitable with the tax law. The laws are the investigation carried over the rising of tax warrent examination and investigation implemented over the purpose of testing the obedience and other purposes in implementing tax provision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/806/051501164 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 10:13 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 23:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116954 |
Preview |
Text
01._COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
02._MOTTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
03._PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
05._ORISINALITAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
04._PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
07._SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
09._DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
08._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
14._BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
15._BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
16._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
17._BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
18._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
19._LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
06._RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |