Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari)

Caroko, Bayu (2014) Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari tiap tahun semakin bertambah tetapi dalam hal menyampaikan SPT masih banyak wajib pajak yang tidak menyampaikan dikhawatirkan karena tidak menyampaikan SPT Wajib Pajak tersebut tidak memenuhi kewajibannya untuk menghitung dan membayar pajak terutangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar pajak. alasan peneliti menggunakan ketiga variabel ini dikarenakan menurut peneliti ketiga variabel tersebut yang paling berpengaruh dan sesuai dibandingkan dengan variabel-variabel yang telah digunakan oleh peneliti terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental sedangkan dalam menentukan ukuran sampel dari populasi yang digunakan peneliti menggunakan rumus slovin. Berdasarkan rumus slovin didapat 100 responden yang digunakan peneliti sebagai sampel dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yang di dapat dari kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden yang terdaftar sebagai wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Singosari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan SPSS ver. 21. Untuk menguji kualitas data digunakan uji validitas pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis secara serentak menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak. sedangkan hasil pengujian secara parsial atau individu menunjukkan pengetahuan pajak, kualitas pelayanan pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak. hal ini berarti bahwa motivasi wajib pajak untuk membayar pajak timbul karena wajib pajak memiliki pengetahuan pajak yang baik serta kualitas pelayanan pajak yang baik dari kantor pelayanan pajak dan penerapan sanksi pajak yang baik.

English Abstract

The number of individual taxpayers in the Tax Office Primary Singosari are growing every year but in terms of the SPT was still a lot of taxpayers who do not deliver the SPT was feared because it is not the taxpayer does not fulfill its obligation to calculate and pay the tax due. This study aims to determine the effect of tax knowledge, quality of service tax and tax penalties to motivate taxpayers to pay taxes. reason researchers used these three variables according to researchers because these three variables are the most influential and fit compared to the variables that have been used by previous investigators. This research uses non-probability sampling method with the sampling technique using incidental sampling in determining the sample size of the population that is used researchers using Slovin formula. Based on from Slovin formula obtained 100 respondents used researcher as samples in this study. The location of this research is in the Tax Office Primary Singosari Sources of data in this study using primary data sources obtained from a questionnaire distributed to 100 respondents who listed as individual taxpayer on STO Singosari. In this study, researchers used a technique of multiple linear regression analyzes were calculated using SPSS ver. 21. To test the quality of the data used Pearson correlation test validity and reliability testing using Cronbach alpha. Type of research is explanatory research with quantitative approach. The results of simultaneous analysis showed that the variables of knowledge, quality of service and tax penalties affect the motivation of individual taxpayers in paying taxes. while the partial test results or individual taxes demonstrate knowledge, quality of service tax and tax penalties significantly influence the motivation of individual taxpayers in paying taxes. this means that the taxpayer motivation to pay taxes arises because the taxpayer has a good knowledge of tax as well as good quality service tax from the tax office and the good application of tax sanction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/803/051501215
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2015 11:37
Last Modified: 22 Oct 2021 23:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116951
[thumbnail of SKRIPSI_FULLI_FIX(1).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULLI_FIX(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item