Kajian Dampak Pengembangan Pembangunan Kota Malang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas (Studi Kasus di Dinas Perhubungan Kota Malang

Ekawati, NataliaNiken (2014) Kajian Dampak Pengembangan Pembangunan Kota Malang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas (Studi Kasus di Dinas Perhubungan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sudah menjadi perhatian utama pemerintah. Dalam proses pembangunan, kota adalah lokasi strategis untuk terciptanya laju pertumbuhan penduduk. Karena banyak masyarakat berpindah dari desa ke kota. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah penduduk dan semakin kompleks kebutuhan masyarakat kota. Salah satunya yang terjadi di Kota Malang. Karena pembangunan Kota Malang yang tidak terkontrol. Akhirnya menyebabkan berbagai masalah, misalnya kemacetan lalu lintas. Padahal transportasi merupakan sarana penghubung antar wilayah dan memperlancar arus pembangunan. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas permasalahan yaitu: pertama, dampak kemacetan lalu lintas dan kedua, kebijakan daerah menanggulangi kemacetan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Situs penelitian adalah Dinas Perhubungan Kota Malang. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa data yang dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata penyebab utama kemacetan di Kota Malang adalah kapasitas jalan raya yang tidak seimbang dengan peningkatan jumlah kendaraan. Hal ini berdampak langsung terhadap masyarakat, antara lain: waktu tempuh lebih lama, pemborosan bahan bakar mesin karena kendaraan tetap menyala saat macet, dan polusi udara meningkat. Sehingga pemerintah telah membuat kebijakan transportasi agar tercipta ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang No.4 Tahun 2011, Pasal 21 tentang Rencana Sistem Prasarana Wilayah Kota yang mencakup sistem jaringan transportasi sebagai sistem prasarana utama. Maka ada tiga macam strategi yang menjadi sarana untuk mewujudkan kebijakan transportasi Dishub Kota Malang, yaitu: strategi manajemen lalu lintas, strategi pengembangan jaringan jalan, dan strategi angkutan umum. Sehingga setiap dinas terkait perlu melakukan koordinasi untuk dapat mewujudkan strategi tersebut.

English Abstract

Development have become main attention of government. In course of development, the city is strategic location for the creation of growth rate resident. Because a lot of society make a move from village to city. This matter cause the make-up of resident amount and progressively complex of urban community requirement. One of them is that happened in Malang City. Because development of Malang City have not controlled. Finally, cause various problem, for example traffic jam. Though transportation represent the link medium usher the region and speed up of development current. Therefore, this research will study the problems that: first, affect of traffic jam and second, area policy overcome traffic jam. This research used descriptive method by qualitative approach. The site at the Transportation Agency of Malang City. The primary data sources from interview. While the secondary data obtained from the relevant document with the theme. The data collection tehnique by interview, observation, and documentation. The data analysis by data reduction, data display, and inference. Based on the research, in the reality the root cause traffic jam in Malang City is roadway capacities which is incommensurate to make-up of amount motorcycle. This matter affect direct to society, for example: time go through longer, waste fuel engine, and increase of air pollution. So that the government have made a transport policy to create order and speed up of traffic. Based on the regulation of Malang City No.4/2011, about system plan that includes city areas means transportation system as the primary means of system. Then, there is three strategy of transport policy by Transportation Agency. It is strategy of traffic management, strategy of road network development, and strategy of public

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/8/051401095
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2014 12:02
Last Modified: 22 Oct 2021 23:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116946
[thumbnail of NATALIA_NIKEN_105030101111090.pdf]
Preview
Text
NATALIA_NIKEN_105030101111090.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item