Analisis Program Mareta Sebagai Bagian Dari Sistem Informasi Pembuatan Keputusan Kelayakan Calon Nasabah Asuransi (Studi Pada Perusahaan PT. AIA Financial Malang)

Prayogi, Antoni (2014) Analisis Program Mareta Sebagai Bagian Dari Sistem Informasi Pembuatan Keputusan Kelayakan Calon Nasabah Asuransi (Studi Pada Perusahaan PT. AIA Financial Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen perusahaan yang baik akan selalu didukung dengan sistem informasi yang baik pula. Sistem informasi berbasis komputer sebagai penyedia informasi bagi para penggunanya yang dikenal dengan sistem teknologi informasi menjadi suatu keharusan bagi setiap perusahaan untuk menerapkannya. Perkembangan sistem informasi memberikan kemudahan dalam mengelolah dan menyimpan data serta mengubah data menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem informasi MARETA, mengidentifikasi permasalahan sistem informasi MARETA, dan untuk memberi alternatif solusi mengatasi permasalahan sistem informasi MARETA sebagai sarana pembuatan keputusan calon nasabah asuransi di Perusahaan PT.AIA Financial Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian ini memang terjadi secara alamiah, tidak memanipulasi keadaan dan kondisinya, serta menekankan pada deskripsi secara alami. Objek penelitian yang digunakan yaitu PT AIA Financial Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi MARETA pada PT. AIA Financial Malang merupakan suatu golongan MKTIS (Marketing Information System) yang merupakan suatu alat bantu ilustrasi untuk memberikan penjelasan penjelasan tentang jasa asuransi yang akan ditawarkan oleh agen ke calon nasabah. Permasalahan yang ada pada sistem informasi MARETA yang berjalan saat ini yaitu proses penggunaan Program MARETA tersebut dapat dikategorikan sulit, agen kesulitan saat menjelaskan secara rinci hasil output kepada calon nasabah. proses pembuatan data ilustrasi output calon nasabah sangatlah memakan waktu yang lama, Program MARETA merupakan alat bantu untuk membuat gambaran tentang data ilustrasi output calon nasabah yang bersifat hanya sementara. Alternatif solusi atau rekomendasi sistem informasi MARETA yang diusulkan oleh peneliti yaitu perlu pengetahuan dan pelatihan khusus bagi agen tentang penggunaan Program MARETA. PT. AIA Financial Malang lebih memperbanyak pengenalan dengan calon nasabah dan pengembangan Program PT. AIA Financial Malang lebih familiar sehingga mudah dipahami dan dipelajari.

English Abstract

Company management good will always supported with information systems that good too. Information systems computer-based as providers of information for the end user known with the information technology system becomes a requirement for each company to apply it. The development of information systems give ease in managing and store data as well as turn the data into an information that is beneficial for management. This research aims to understand the image of the information systems MARETA, identify the problems of information systems MARETA, and to give an alternative solution to overcome problems MARETA information system as a means of decision-making insurance prospective customers in the company of PT. AIA Financial Malang. This research using qualitative the kind of research which aims to show that the implementation of this research is indeed occur naturally, not the state of and manipulate his condition, and emphasized on description naturally. Research object used namely PT. AIA Financial Malang. The research results show that MARETA information system at PT. AIA Financial Malang is a group MKTIS (Marketing Information System) which it is an the tools illustration to give an explanations of insurance services which will be offered by an agent to the prospective customer. The existing problems on information systems mareta that current namely the process of the use of the Program MARETA can be described as difficult agent difficulty in describing in detail the results of the output to the prospective customer. The process of making data output illustration of prospective customer is very eat a long time, MARETA Program is the tools to make the idea of output data illustration of a borrower that is only temporary Alternative solutions or recommendation MARETA information system proposed by researchers namely need to knowledge and specialised training for the agency about the use of MARETA Program PT. AIA Financial Malang more multiply familiarization with the potential borrower and development Program PT. AIA Financial Malang more familiar so easy to understand and studied.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/799/051500530
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Jan 2015 14:41
Last Modified: 26 Nov 2021 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116945
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item