Analisis Sistem Dan Prosedur Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “Gangsar” Ngunut Tulungagung)

Retnaningtyas, Devi Tri Rahayu (2014) Analisis Sistem Dan Prosedur Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “Gangsar” Ngunut Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan sumberdaya manusia yang tepat akan memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan. Salah satu unsur yang paling utama dalam mengelola sumberdaya manusia adalah dengan menerapkan kebijaksanaan kompensasi secara baik dan tepat yaitu balas jasa dari perusahaan yang berupa gaji dan upah yang diberikan kepada karyawan baik secara harian, mingguan maupun bulanan sesuai dengan perjanjian dan tugas dari karyawan. Dibutuhkan adanya sistem yang dapat membantu perusahaan di dalam melakukan pemberian gaji dan upah kepada karyawan sesuai kinerjanya. Sistem tersebut adalah sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang diperlukan dalam upaya untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan tindak kecurangan yang merugikan, serta penerapan sistem pengendalian intern secara baik diharapkan dapat mendukung kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan pada Perusahaan Kacang Sanghai Gangsar Tulungagung telah atau belum mendukung pengendalian internal perusahaan yang baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data dari bagian SDM dan bagian penggajian Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar" Ngunut Tulungagung. Penelitian ini mendiskripsikan beberapa konsep praktis berdasarkan pemahaman yang diperoleh kemudian membandingkan temuan atas kenyataan yang terdapat pada Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar" Ngunut Tulungagung dengan teori yang berhubungan dengan sistem tersebut. Berdasarkan atas penelitian dapat diketahui bahwa dokumen pada sistem penggajian dan pengupahan sudah cukup baik dalam menginformasikan penggajian dan pengupahan. Fungsi pencatatan waktu hadir kurang menjalankan tugasnya untuk mengawasi proses check clock yang dilakukan oleh karyawan produksi. Struktur organisasi terkait penggajian dan pengupahan belum baik karena tidak memisahkan antara bagian pembuat daftar gaji dan upah dengan fungsi yang membayarkan gaji. Sistem otorisasi belum seluruhnya menunjukkan tandatangan pertanggungjawaban seluruh fungsi yang terkait dalam pemrosesan dokumen penggajian dan pengupahan. Saran untuk perusahaan adalah untuk menggunakan catatan lembur dan bukti terima gaji dan upah untuk seluruh karyawan yang mendapatkan gaji dan upah. Pemisahan tugas pada bagian gaji dan upah dengan bagian pencatatan waktu. Sistem otorisasi sebaiknya dijalankan dengan membubuhkan tandatangan pada setiap dokumen terkait penggajian dan pengupahan oleh masing-masing fungsi sebagai bukti pertanggungjawaban tiap fungsi

English Abstract

The proper human resource management will create optimal contribution for the company. One of the most important elements in managing human resources is applying the policy of compensation exactly and properly by giving remuneration of the company including salaries and wages to employees who are given either daily, weekly or monthly according to the agreement and assignment of employees. There will be needs a system that can assist the company in doing salaries and wages to employees to create a maximum performance. The system is a payroll accounting system and the wage bill needed in order to prevent abuses and fraud in the company, and the application of good internal control systems which expected to support employee performance. The purpose of this study was to determine the systems and procedures to payroll and wages at the Shanghai Gangsar Tulungagung Nut Company, which has or has not supported a good internal control yet. This research is a descriptive case study approach. The data analysis was done by collecting data from the Human Resource and department of payroll at Peanut Company of Shanghai "Gangsar" Ngunut Tulungagung. This study describe some practical concepts based on the understanding obtained and compare the facts in the Peanut Company of Shanghai "Gangsar" Ngunut Tulungagung to the theory associated with the system. Based on the research above will found that the document on the payroll and wage system is good enough to inform payroll and wages. Present time recording function is less effective in carrying out its duties to oversee the clock check performed of employees’s productivity. The organizational structure related to the payroll and wages is still not good because they did not separate between the payroll and wages list maker with the payroll function. The authorization system was not fully showed the signature of accountability across functions involved in the processing of payroll and wage documents. The suggestions for the company is to use overtime records and a receipt for salaries and wages for all employees who earn salaries and wages. Segregation of duties on the part of salaries and wages with part time measurement. Authorization system should be run by affixing a signature on any documents related to salary and wages by each function as evidence of accountability of each function.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/791/051500368
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.151 Financial control
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Jan 2015 14:13
Last Modified: 26 Nov 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116937
[thumbnail of Kacang_Shanghai_Gangsar_Ngunut_Tulungagung.pdf]
Preview
Text
Kacang_Shanghai_Gangsar_Ngunut_Tulungagung.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item