Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Pengiriman Di Kantor Pos Besar Kota Malang)

Putra, Arfian Bimantara (2014) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Pengiriman Di Kantor Pos Besar Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran pemasaran jasa merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan, diorganisasi dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran yang efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik dapat dikatakan sebagai salah satu faktor yang penting dalam pemasaran produk jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dan secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Kantor Pos Besar Malang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 orang pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, tempat/lokasi, orang, proses, dan bukti fisik secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 21,798 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Secara parsial variabel produk, harga, tempat, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

Marketing mix elements of marketing are interrelated, assimilated, organized and used appropriately, so that the company can achieve the goal of effective marketing, as well as satisfy the needs and desires of consumers. Marketing mix consisting of product, price, promotion, place, people, process and physical evidence can be said as one of the important factors in product marketing services. This study aims to determine the effect of marketing mix consisting of product, price, promotion, place, people, process and physical evidence on purchasing decisions jointly and partially. This type of research is explanatory research with quantitative approach. The population in this study were all customers of Kantor Pos Besar Kota Malang and samples in this study were 112 men customers. The sampling technique using non-probability sampling method with purposive sampling technique. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear analysis. The results showed that a significant difference between the marketing mix which consists of a variable product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence together on purchasing decisions with calculated F value of 21.798 and a significant value of 0.000. In partial product, price, place, people, process and physical evidence of a significant effect on the purchase decision variable, while the variable partial promotion insignificant influence on purchasing decisions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/790/051500333
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Jan 2015 14:12
Last Modified: 26 Nov 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116936
[thumbnail of SKRIPSI_ARFIAN BIMANTARA PUTRA.pdf] Text
SKRIPSI_ARFIAN BIMANTARA PUTRA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (32kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item