Upaya Pengembangan E-Government dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang,

Angguna, YordanPutra (2014) Upaya Pengembangan E-Government dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar perkembangan teknologi di era globalisasi. Pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih efisien dan efektif. Terciptalah konsep e-government sebagai alat yang digunakan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada publik. Pelaksanaan e-government telah dilakukan pemerintahan Indonesia yang tersebar di pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Peneliti mengkaji dan menganalisis lebih jauh bagaimana perkembangan e-government dalam pelayanan publik. Rumusan masalah peneliti adalah bagaimana pengembangan e-government yang dilakukan dalam pelayanan publik, kendala apa saja dalam pengembangan e-government, dan upaya apa saja yang dilakukan dalam pengembangan e-government dalam pelayanan publik pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi dan situs penelitian terletak di Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang melaksanakan e-government pada tahap persiapan yang tertuang dalam Inpres No.3 tahun 2003 yang dijalankan secara tidak maksimal. Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang telah menerapkan e-government sejak 1 januari 2009. Dalam proses pengembangannya, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang memiliki sumber daya manusia sebanyak 40 orang yang akhirnya tersisa 32 orang dengan infrastruktur yang tercukupi. Hingga saat ini belum ada perencanaan terhadap pengembangan e-government untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik. Kendala dalam Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang dimiliki belum memiliki kriteria yang diperlukan seperti jumlah yang tersedia 32 orang dari 40 orang yang diperlukan dan tidak memiliki sumber daya manusia yang berkompeten di bidang informasi teknlogi. Upaya yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM adalah mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan dari Dinas Kominfo Kota Malang, mengadakan tenaga kerja kontrak dan pembuatan aplikasi database koperasi. Peneliti menawarkan sebuah gagasan yaitu aplikasi website dan proses pemberian pelayanan yang bertujuan untuk mengembangkan e-government yang diinginkan dan tepat sasaran kepada kebutuhan masyarakat maupun stakeholder lainnya.

English Abstract

This research was conducted on the basis of technological development in the era of globalization. The Government is required to provide services more efficiently and effectively. With the concept of e-government as a tool used to provide quality services to the public. The implementation of e-government has been carried out in Indonesias rule of the Central Government and local governments. Researchers examine and analyze further how e-government development in the public service. Outline of the problems researchers is how egovernment development is done in the public service, any obstacle in the development of e-government, and what are the efforts made in the development of e-government within the public service in the Department of cooperatives and SMEs of Malang. The type of research used descriptive research researchers are using qualitative. Research site location and is located in the Department of cooperatives and SMEs of Malang. The researchers used data analysis is the analysis of the data model, Miles and Huberman. The results showed that the Department of cooperatives and SMEs Malang implementing e-government in the preparation phase that stated in presidential instruction No. 3 of 2003 does not run optimally. Department of cooperatives and SMEs Malang e-government has applied since January 1, 2009. In the process of its development, the Department of cooperatives and SMEs Malang has human resources as much as 40 people who eventually left 32 people with an infrastructure that would be sure. Until now there has been no planning to the development of e-government to improve the quality of public services. Constraints in the Department of cooperatives and SMEs of Malang is human resources. Human resources owned does not yet have the necessary criteria such as the number of available 32 people from 40 people needed and did not have a competent human resources in the field of information tech. Efforts are being made on duty of cooperatives and SMEs are the following education and training activities of the Office of the city of Malang, Kominfo held a labor contract and the creation of cooperative database applications. The researchers offer an idea of the process of administering the website and application service which aims to develop e-government is desirable and appropriate to the needs of the target community or other stakeholders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/782/051500167
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jan 2015 07:35
Last Modified: 22 Oct 2021 22:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116927
[thumbnail of e-government%20siap%20cetak.compressed.pdf]
Preview
Text
e-government%20siap%20cetak.compressed.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item