Implementasi Strategi City Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah Kota Malang

Kurniawan, Mohammad Rizky (2014) Implementasi Strategi City Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya implementasi strategi City Branding dalam meningkatkan daya saing daerah, Pemerintah Kota Malang yang diwakili oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang melakukan City Branding sejak disahkan oleh walikota di Hotel Regent pada tahun 2006 dengan nama Malang Welcoming City. Bagaimanakah implementasi strategi City Branding dalam meningkatkan daya saing daerah Kota Malang dan bagaimana dampak implementasi strategi City Branding Kota Malang dalam meningkatan daya saing daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan analisis data menggunakan metode analisis data Cresswell. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi strategi City Branding Kota Malang masih belum maksimal, masyarakat bahkan pegawai Pemerintah Kota Malang pun juga tidak mengetahui apa City Branding Kota Malang. Selain itu pendanaan dan juga pergantian kepengurusan juga menjadi faktor penghambat implementasi strategi City Branding Kota Malang seperti menurut teori Wernham dalam Salusu (1996:432) salah satu faktor penghambat implementasi strategi adalah penyesuaian perilaku karyawan terhadap strategi baru dan struktur baru yang menimbulkan masalah dan cukup memakan waktu. Dampak Implementasi City Branding Kota Malang juga tidak terlalu baik karena Kota Malang yang bersaing dalam penerimaan wisatawan hanya menempati peringkat ke tujuh dari kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur.

English Abstract

This research was conducted by based on the importance of City Branding strategy implementation in improving the region competitiveness, the Government of Malang, represented by Department of Culture and Tourism of Malang did this City Branding since endorsed by the mayor at Regent Hotel in 2006 under the name of Malang Welcoming City. How the implementation of city branding strategy in enhancing Malang regional competitiveness and how it impacts the implementation of Malang city branding strategy in improving Malang regional competitiveness. This study used descriptive method with qualitative approachment, and data analysis using Cresswell’s method. The results showed that the implementation of Malang City Branding strategy has not been maximized yet, even the public and members of the Malang government also have not been known about this City Branding Malang well. In addition, funding and management turnover were also being barriers in implementing the strategy for City Branding Malang according to the theory of Salusu Wernham (1996: 432) one of the factors inhibit the strategy implementation is the behavioural adjustment of employees towards new strategies and new structures that causes problems and takes more time. Impacts of City Branding Malang implementation were also not very good since Malang was on seventh rank in tourist acceptance among all towns/districts in East Java.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/768/051408365
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi, City Branding, Daya Saing, Kota Malang; Implementation, Strategies, City Branding, Competitiveness, Malang
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.34 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Dec 2014 14:18
Last Modified: 26 Nov 2021 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116911
[thumbnail of Skripsi+Foto.pdf]
Preview
Text
Skripsi+Foto.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item