Tantangan Komunitas Save Street Child Surabaya dalam Memberikan Pendidikan Informal kepada Anak Jalanan

Aulia, SyahPutra (2014) Tantangan Komunitas Save Street Child Surabaya dalam Memberikan Pendidikan Informal kepada Anak Jalanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak merupakan amanah dan anugerah Tuhan kepada manusia dengan hak-hak yang dipenuhi di dalam keluarga maupun lingkungan diharapkan kelak menjadi manusia yang berguna bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Namun yang terjadi pada saat ini banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya sebagai seorang anak karena berbagai faktor, salah satunya ialah anak jalanan. Anak jalanan merupakan permasalahan sosial yang ada di masyarakat yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Tetapi pemerintah di nilai lamban dalam menyelesaikan permasalahan anak jalanan tersebut sehingga muncul namanya partisipasi masyarakat. Salah satu bentuk partisipasi masyarakat yang ada di masyarakat ialah komunitas Save Street Child Surabaya. Keberadaan komunitas ini bertujuan untuk memenuhi hak-hak anak jalanan yakni bermain dan belajar sesuai dengan usianya. Oleh karena itu keberadaan komunitas ini diharapkan mampu untuk dapat membantu anak jalanan mendapatkan hak-haknya sebagai seorang anak terutama dalam hal pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tantangan apa saja yang dihadapi komunitas dan anak dalam memberikan ataupun mendapatkan pendidikan informal serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh komunitas dalam memberikan pendidikan informal kepada anak jalanan. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dari hasil wawancara dengan 11 orang dan data sekunder dari dokumen-dokumen dan dokumentasi kegiatan. Sedangkan untuk analisis data peneliti mengguanakan analisis interaktif dengan dimulai dari reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa tantangan yang dihadapi oleh komunitas dalam memberikan pendidikan informal kepada anak jalanan ialah berasal dari sumber daya manusia, pendanaan, orang tua, lingkungan dan anak jalanan itu sendiri. Namun dari kesemua faktot tersebut orang tua yang memiliki peran penting. Saran yang direkomendasikan perlu perekrutan seorang ahli dalam hal pendidikan, bekerjasama dengan pihak pemerintah ataupun swasta dan melakukan diskusi dengan orang tua, memberikan pelatihan dan modal ringan kepada anak jalanan dan orang tua, Serta Memberikan penyuluhan dan bimbingan konseling orang tua dan anak jalanan.

English Abstract

A child is a mandate and the grace of God to man with full rights in the family and is expected to soon become the human environment useful for parents, community, nation and state. But what happened at this time, many children do not get their rights as a child due to a variety of factors, one of which is the street kids. Street kids are the social problems that exist in society that should be the responsibility of the government in accordance with the Constitution of the Republic of Indonesia in 1945. But the government at a slow rate in solving the problems of street kids so that it appears the name of community participation. One form of public participation in the community is a community Save Street Child Surabaya. The existence of this community aims to fulfill the rights of street kids that play and learn according to age. Therefore, the existence of this community should be able to help street kids get their rights as a child, especially in education. This study aims to describe and analyze the challenges faced by any child in the community and provide or obtain informal education as well as any measures undertaken by the community in providing informal education to street kids. The method used by researcher is descriptive research method with qualitative approach. Source of data used in this research is primary data from interviews with 10 people and secondary data from documents and documentation activities. As for the data analysis by researchers using interactive analysis starts from the data reduction, data display, and conclusion. The results of the field study found that the challenges faced by the community in providing informal education to street kids is derived from human resources, funding, teaching location, parents, neighborhood and street kids themselves. However, from so many factors, parents are the most important. Author’s recommendations are the need for hiring an expert in education, cooperate with the government or private parties and conduct discussions with parents, provide training and minor capital to street kids and the elderly, as well as provide education and counseling of parents and street kids

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/727/051408134
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Dec 2014 13:58
Last Modified: 22 Oct 2021 22:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116865
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Motto_Orisinalitas_Ringkasan_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Motto_Orisinalitas_Ringkasan_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item