Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik Dilihat Dari Segi Total Quality Management (TQM) (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Madiun)

Amiruddin, Bayu (2014) Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik Dilihat Dari Segi Total Quality Management (TQM) (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penilaian kinerja birokrasi pelayanan publik selama ini dengan DP3. Proses penilaian pekerjaan ini bersifat rahasia dan hasil penilaian pekerjaan pegawai tidak dikomunikasikan secara terbuka kepada masyarakat melainkan langsung dilaporkan kepada pemerintahan ditingkat atasnya tanpa adanya kepastian dilaksanakan atau tidaknya laporan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penilaian kinerja dengan menggunakan indikator-indikator yang jelas dan bervariasi sehingga dapat diketahui kondisi sebenarnya dari pelaksanaan pekerjaan pegawai. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Kinerja pegawai dalam proses pelaksanaan pelayanan publik berdasarkan karakteristik-karakteristik dalam total quality management, meliputi: Fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap kualitas, Pendekatan ilmiah, Komitmen jangka panjang, Kerjasama tim, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, Kebebasan yang terkendali, Kesatuan tujuan, Adanya keterlibatan dan pemberdayaan pegawai. (2) Faktorfaktor penghambat dan pendukung kinerja pegawai. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, program/kegiatan telah fokus pada kepentingan pelanggan (masyarakat), terdapat target yang harus dicapai dalam pelaksanaan pekerjaan, pendekatan ilmiah atau metode atau cara tertentu tidak digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan, terdapat penekanan terhadap pegawai untuk berkomitmen, koordinasi telah terlaksana dengan baik, telah dilakukan upaya perbaikan sistem pelayanan dengan online, terdapat upaya peningkatan kemampuan pegawai melalui program pendidikan dan pelatihan, pegawai diberikan kesempatan untuk berinovasi meningkatkan kinerjanya dengan dibarengi pengawasan oleh pimpinan, visi dan misi terarah dengan jelas, seluruh pegawai dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai tugas pokok dan fungsinya dan posisi disesuaikan dengan pangkat/jabatan yang dimiliki sehingga pegawai merasa diberdayakan. Sangat sedikitnya jumlah pegawai dan adanya mutasi kerja akan menghambat pencapaian pekerjaan pegawai. kepemimpinan yang berkualitas, dukungan layanan dan konsultasi, proses komunikasi yang efektif, penghargaan dan pengakuan terhadap prestasi mendukung meningkatnya pencapaian kerja pegawai.

English Abstract

The performance apprasial public service of bureaucracy during the time using DP3. The apprasial procces of work is secret and a result of assessment work officer is not be communicated to society but direct reported to central governance without unknown of existence was executed or not certainly. For that require is to be done a performance apprasial by using clear and variation indicators so that can be know a fact condition from execution of officer work. This study is a descriptive qualitative and is limited by two research focus, that is (1) Performance officer in course of execution of public service attention with characteristics in total quality management, is covering: Focus at customer, Obsession to quality, Scientivice approach, Long term commite, CooperateTeam, continuous improvement system, Education and training, Freedom which in control, Unity of target, Existence of involvement and enableness of officer. (2) resistance and support factors of officer performance. Meanwhile, the data analysis used in this study is interactive model data analysis that consists of several stages that is data collection, data reduction, data display, and conclusion. The result from research show that, program/activity have focused to importance of customer (society), there are goals which must reach in execution of work, scientivice approach or method or the way of certain is not be used in execution of work, there are emphasis officer to commit, cooperate team have been executed better, have continuos improvement of service system with online, there are effort to high up ability of officer throught education program and training, the officer get opportunity to innovate improve that performance and the observation is doing by the leader, directional mission and vision clearly, all officer involved in execution of work according to fundamental duty and its function and position adapted by rank occupation so that officer feel poweredly. Slimmest of officer and existence of job mutation will pursue attainment of work of officer. leadership which with quality, service support and consultancy, effective communications process, confession and appreciation to achievement support the increasing of attainment of job officer.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/720/051408086
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Dec 2014 15:49
Last Modified: 25 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116859
[thumbnail of Skripsi-_Bayu_Amiruddin.pdf]
Preview
Text
Skripsi-_Bayu_Amiruddin.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item