Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dengan Menggunakan Kartu Jakarta Sehat (suatu studi di RSAB Harapan Kita dan RS. Zahirah DKI Jakarta)

Lathifah, IndahNur (2014) Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dengan Menggunakan Kartu Jakarta Sehat (suatu studi di RSAB Harapan Kita dan RS. Zahirah DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan masyarakat DKI Jakarta menjadi salah satu pokok masalah yang mendapat perhatian dari Pemprov DKI Jakarta. Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu, biaya terkendali serta berdasarkan prinsip keadilan, dan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal, Pemprov DKI Jakarta merencanakan suatu sistem Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi penduduk miskin dan rentan yang diberinama Program Jakarta Sehat (KJS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi program pelayanan kesehatan masyarakat dengan menggunakan Kartu Jakarta Sehat di RSAB Harapan Kita selaku rumah sakit pemerintah dan RS Zahirah selaku rumah sakit swasta. Disamping itu juga untuk mengidentifikasikan dan menganalisis faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi KJS di RSAB Harapan Kita selaku rumah sakit pemerintah dan RS Zahirah selaku rumah sakit swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model Analisis data yang digunakan adalah model penelitian kualutatif dari Miles dan Huberman dengan empat alur kegiatan yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi program pelayanan kesehatan masyarakat dengan menggunakan Kartu Jakarta Sehat di RSAB Harapan Kita selaku rumah sakit pemerintah dan RS Zahirah selaku rumah sakit swasta sudah berjalan secara baik dan susuai dengan peraturan yang telah dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta, namun implementasi Program Jakarta Sehat (KJS) di RSAB Harapan Kita dan RS Zahirah terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksanaannya antara lain: tahapan pelaksanaan KJS, perbedaan pelayanan, serta fasilitas yang tersedia bagi pasien KJS. Namun, ditemui beberapa kendala yaitu komunikasi antara PPK I dengan PPK II, adanya keterbatasan dana, SDM di bagian Satgas Gakin RSAB Harapan Kita dirasa masih kurang. Saran yang direkomendasikan antara lain: dilakukannya komunikasi antara rumah sakit Provider KJS, sosialisasi KJS sebaiknya dilakukan oleh pihak pemerintah dan pihak pelaksana KJS, pemberian fasilitas tambahan untuk rumah sakit swasta yang telah berdedikasi tinggi untuk melaksanakan KJS, RSAB Harapan Kita sebagai rumah sakit swasta lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam segi kesopanan dan keramahan terhadap pasien KJS, RS Zahirah selaku rumah sakit swasta tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan pelayanan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/68/051402158
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Mar 2014 09:07
Last Modified: 22 Oct 2021 22:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116812
[thumbnail of INDAH_NUR_LATHIFAH_105030101111001.pdf] Text
INDAH_NUR_LATHIFAH_105030101111001.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (35kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item