Implementasi Program Blockgrant Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru (Studi di Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan)

Ilma, VitaUzlifatul (2014) Implementasi Program Blockgrant Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru (Studi di Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam proses pembangunan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan tolak ukur dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu negara. Namun, dalam kenyataannya tingkat pendidikan di Indonesia masih tertinggal apabila dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah mutu dari tenaga pendidik itu sendiri. Guru sebagai faktor utama dalam bidang pendidikan mempunyai peran yang sangat besar dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas. Untuk meningkatkan mutu dan kinerja para guru ini, pemerintah mengeluarkan dana bantuan yang disebut dengan program blockgrant dalam meningkatkan mutu guru ini. Bantuan blockgrant ini disalurkan melalui salah satu organisasi guru yaitu Kelompok Kerja Guru (KKG). Salah satu KKG yang menerima dana bantuan blockgrant ini adalah Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Hal ini dikarenakan Kabupaten Lamongan mempunyai kesenjangan waktu pelaksanaan program blockgrant yang direncanakan pada tahun 2007 namun baru bisa dilaksanakan pada tahun 2010. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis domain menurut James Spradley. Hal ini dikarenakan untuk mengetahui secara rinci mengenai pelaksanaan program blockgrant pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam rangka meningkatkan mutu guru. Selanjutnya diperoleh gambaran secara umum mengenai masalah yang akan dibahas yaitu masalah implementasi program serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi program blockgrant Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam rangka meningkatkan mutu guru meliputi empat proses yaitu sosialisasi, pengajuan proposal, pencairan dana dan pelaksanaan kegiatan. Implementasi program berjalan efektif dengan diadakannya pelatihan atau Workshop. Pelatihan/Workshop yang diberikan meliputi Penilaian Kinerja Guru (PK Guru); Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB); Program Induksi Guru Pemula; dan Pendidikan Budaya Karakter Bangsa. Untuk dapat mengetahui tingkat potensi diri guru/pendidik maka dilaksanakan pelatihan Pre tes (Tes awal) yang berguna dalam menjajaki proses pelatihan yang akan dilaksanakan, dan Post tes (Tes Akhir) yang berguna dalam melihat keberhasilan pelatihan. Program ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi program blockgrant pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) di Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Tikung mempunyai pengaruh yang baik dalam meningkatkan mutu guru khususnya di Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan

English Abstract

Education is the main factor in the development process. This is because education is the way to measure the quality of human resource in a country. However, the level of education in Indonesia is still low when compared to other countries in Southeast Asia. One of factor that influence education is the quality of teacher. Teacher has a role in creating qualified young generation. To improve the quality and performance of these teacher, the government make a program that called blockgrant’s program to enhance the quality of teacher. Program of blockgrant is given through the one of teacher’s organization, namely Teacher Working Group (TWG). The one of TWG that is received blockgrant’s program is Elementary School Cluster 02 Tikung Subdistrict Lamongan Regency. This is because there are a time gap of blockgrant planned implementation in Lamongan Regency that must be implemented in 2007, but can only implemented in 2010. The research was a qualitative descriptive study using the technique of domain analysis by James Spradley. This method is to find the detail about the implementation of blockgrant’s program in Teacher Working Group (TWG) to improve the quality of teacher. Furthermore, obtained a general overview of the issues is the problem of program implementation and the factors that influence it. From this study, it can be seen that the implementation of the blockgrant’s program in order to improve the quality of teachers includes four processes such as socialization, making of proposal, disbursement of fund and implementation of programs. The implementation of program is to be effective by the holding of training or workshop. Training/Workshop will include Teacher Performance Assessment; Sustainable professional development; Beginner Teacher Induction Program; National Character and Cultural Education. To determine the level of self-potential of teacher then conducted training Pretest to explore the process of training and posttest to seethe successful of the training. The program aims to improve the quality of education nationwide. It can be concluded that the implementation of blockgrant’s program through Teacher Working Group (TWG) at the Elementary School Cluster 02 Tikung Subdistrict force has a good effect in improving the quality of teachers, especially in the Tikung Subdistrict Lamongan Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/669/051407856
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2014 07:42
Last Modified: 22 Oct 2021 22:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116800
[thumbnail of VITA_UZLIFATUL_ILMA_0810310136.pdf]
Preview
Text
VITA_UZLIFATUL_ILMA_0810310136.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item