Ajrinasari, Tsaqila (2014) Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan pada Rumah Sakit (Studi Kasus pada Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Memasuki zaman digital, kemajuan teknologi manawarkan kemudahan dalam memberikan pelayanan. Sistem Informasi merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan. Keberhasilan dalam menjalankan suatu organisasi atau lembaga dapat diukur dari tingkat efektivitas sistem informasinya. Dijelaskan oleh Steers, (1980) menganei model dari efektivitas organiasasi antara lain : “Kemampuan adaptasi-fleksibilitas, produktivitas, kepuasan, daya laba, mendapatkan sumber daya, ketiadaan ketegangan atau tekanan, pengendalian atas lingkungan, pengembangan, efisiensi, kebetahan bekerja, pertumbuhan, integrasi, komunikasi terbuka, kelangsungan (hidup), dan lain-lain kriteria”, penelitian ini akan mengukur efektivitas dari pertumbuhan. Pertumbuhan diambil dari kunjungan pasien Instalasi Rawat Jalan (IRJ) merupakan yang merupakan instalansi yang setiap harinya mendapat kunjungan pasien. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Saiful Anwar Malang (RSSA) sebagai lembaga kesehatan masyarakat milik pemerintah. Bagaimana efektivitas sistem informasi pelayanan yang sudah diaplikasikan pada instalasi rawat jalan rumah sakit umum daerah dr. Saiful Anwar Malang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan analisis sistem yang digunakan Graphs and Graphing (Grafik dan Penggrafikan) dan Growth mean (Rata-rata Pertumbuhan) dengan menggunakan data kunjungan tribulan tiga tahun silam. Hasil penelitian menyatakan sistem informasi pelayanan di IRJ RSSA sudah efektif. Hasil ini dilihat alur koordinatif dan alur instruktif antara sturktur organisasi RSSA (pusat) dengan IRJ (instalasi) sudah sesuai. Hal ini diperkuat dengan penjabaran tanggung jawab dan uraian kerja masing-masing bagian yang saling berkoordinasi. Pelayanan yang dilakukan sudah sesuai dengan SOP Pelayan yang berlaku, dibuktikan dengan jumlah kedatangan pasien yang datang dan tertangani seluruhnya. Saran untuk Dari hasil pembahasan dan kesimpulan dari penelitian ini penulis menyarankan agar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar Malang untuk melakukan downsizing dalam kegiatan di bagian sistem infromasi. Downsizing dalam istilah sistem infromasi adalah proses perpindahan aplikasi dari sistem komputer besar ke komputer yang lebih kecil. Aplikasi di sini juga bisa berupa perangkat lunak yang membantu dalam proses kerja dalam suatu bidang bisnis
English Abstract
Entering into digital age, the advanced technology propose easiness to give services. Information System seemed as a fundamental component that need to be concerned. The succesful work in any organization can be represented by effectivity of Service Information System’s level. Steers explained in 1980, effectiveness of organization model, i.e.: “capability of adaptability-flexibility, productivity, satisfaction, profitability, resource obtainment, lack of tension or pressure, environment-control, development, efficiency, longevity work, growth, integration, open communication, continuity (life), and other criteria. This research will represent the effectivity of growth. Growth taken from Medical Service (IRJ) patients who get daily visits to RSUD Syaiful Anwar Malang as a public health institutions owned by the government. How does the effectiveness of information systems services has been applied to the medical service (IRJ) in area of RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. This type of research is a descriptive case study approach. Systems analysis approach used Graphs and Graphing (Graph and Charting) and Growth mean (average growth) using data three-month data by visited there three years ago. The results stated in the information service in medical services at RSUD Dr. Saiful Anwar Malang has been effectively. These results seen by coordinative and instructive flow over RSUD Dr. Saiful Anwar Malang organization (as center) with Medical Service/IRJ (as an installation) worked appropriately. This also reinforced by explanation of responsibilities and job descriptions which has been coordinated fluently each other. Services performed accordantly by applicating SOP’s services, evidenced by the number of arrivals of patients who came in and handled entirely.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/656/051407770 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Nov 2014 13:42 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116787 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV__perbaikan_tatanan_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Hal_Awal_&_Daf.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Tatanan_skripsi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |