Strategi Pro-Growth Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Klayar Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan Kabupaten Pacitan (Studi Pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacita

Damayanti, ApreliaDyah (2014) Strategi Pro-Growth Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Klayar Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan Kabupaten Pacitan (Studi Pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya pengembangan pariwisata di Indonesia, yang hingga sekarang masih kurang optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya strategi yang digunakan sebagai pedoman dalam pengembangan pariwisata ditingkat pusat maupun daerah. Salah satu strategi yang digunakan yaitu strategi pro-growth. Termasuk Kabupaten Pacitan, yang memiliki potensi wisata menjanjikan, namun masih kurang dalam pengelolaannya. Salah satunya Pantai Klayar, dengan daya tarik keindahan dan keunikan yang dimiliki diharapkan mampu menjadi destinasi pariwisata unggulan Kabupaten Pacitan. Strategi pro-growth diharapkan mampu menjadikan Pantai Klayar sebagai destinasi pariwisata unggulan Kabupaten Pacitan. Untuk mengetahui strategi pro-growth dalam pengembangan Pantai Klayar sebagai destinasi pariwisata unggulan Kabupaten Pacitan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan (mixed approach). Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis Model Interaktif dari Miles and Huberman, analisis Matriks IE (Internal- Ekternal) dengan IFAS dan EFAS dan analisis SWOT. Ketiga analisis digunakan untuk mengetahui srategi yang digunakan serta memberikan strategi alternatifnya. Hasil penelitian yang diperoleh tentang Strategi Pro-Growth pada Pantai Klayar yaitu pengembangan objek dan daya tarik wisata melalui ekowisata, peningkatan sarana dan prasarana ekonomi, sosial dan aksesibilitas. Peningkatan promosi dan pemasaran pariwisata dengan memanfaatkan internet, meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata, peningkatan kerjasama dengan swasta serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam upaya pengembangan Pantai Klayar. Stategi alternatif, diperoleh dengan analisis lingkungan internal-eksternal, dengan Matriks IE menghasilkan strategi umum (grand strategy) yaitu pengembangan melalui peningkatan fasilitas dan produk, peningkatan teknologi pariwisata serta melalui joint venture. Selanjutnya dengan Matriks SWOT menghasilkan strategi alternatif, meliputi: strategi (SO), pengembangan produk dan daya tarik wisata; strategi (WO), pengembangan sarana prasarana dan promosi pariwisata; stategi (ST), pengembangan pariwisata berkelanjutan; dan strategi (WT), pengembangan SDM dan koordinasi antar sektor.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the importance of the development of tourism in Indonesia, which until now is still less than optimal. Therefore, it is necessary to have a strategy that is used as a guide in the development of tourism at the central and local. One of the strategies used is the pro-growth strategy. Includes Pacitan District, which has a promising tourism potential, but is still lacking in management. One of these Klayar Beaches, with the appeal of the beauty and uniqueness is expected to become a leading tourism destination in Pacitan District. Pro-growth strategy is expected to make the beach tourism destinations as the pre-eminent of Pacitan District. To determine the pro-growth strategy in the development of Klayar Beach tourism destinations as the pre-eminent of Pacitan District, in this study the researchers used a descriptive research with a mixed approach. Analytical method used is an Interactive Model from Miles and Huberman, analysis Matrix IE (Internal-Eksternal) with IFAS and EFAS, and SWOT analysis. The third analysis used to know the chief is used as well as provide a strategy for the alternative. The obtained results of research on Pro-Growth Strategies on the Klayar Beach is development objects and tourist attraction through ecotourism, improved facilities and infrastructure, social and economic accessibility. Increased promotion and marketing of tourism, increaseed collaboration with the private sectore and enhance the active role of the community in an attempt to Klayar Beach development. In generating alternative, apparently obtained by analysis of the internaleksternal environment, with matrices IE produce grand strategy development through improved facilities and products, the increase in tourism and technology through joint ventures. SWOT matrix produce the next alternative strategies, including: strategy (SO), product the development of sustainable tourism attraction; strategy (WO), infrastructure development and tourism promotion; strategy (ST), the strategy for the development of sustainable tourism; and strategy (WT) human resource development and coordination between sectors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/655/051407708
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Nov 2014 07:16
Last Modified: 23 Oct 2021 05:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116786
[thumbnail of skripsi_full.pdf]
Preview
Text
skripsi_full.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item