Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Du Pont System (Studi pada UD. Az Zahra Food Periode 2011-2013)

Anindyajati, RyandraPrina (2014) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Du Pont System (Studi pada UD. Az Zahra Food Periode 2011-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis kinerja keuangan merupakan suatu analisis mengenai gambaran kondisi keuangan perusahaan dan prestasi yang telah dicapai perusahaan dalam satu periode tertentu. Analisis Du Pont System merupakan salah satu cara untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan. Analisis Du Pont System adalah analisis yang memperlihatkan hubungan antara NPM, perputaran aktiva, hutang dan ROI untuk menentukan ROE perusahaan. Tujuan dari analisis Du Pont System adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas perusahaan dalam menggunakan seluruh aktiva dan modal perusahaan untuk menghasilkan laba bersih sehingga nantinya dapat diketahui tingkat ROI dan ROE perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan UD. Az Zahra Food pada tahun 2011-2013 apabila dianalisis dengan menggunakan analisis Du Pont System. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan UD. Az Zahra Food pada tahun 2011-2013 yang dianalisis dengan menggunakan analisis Du Pont System berada dalam perkembangan yang cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan kenaikan ROI dan ROE selama tiga tahun tersebut. Naiknya ROI selama tiga tahun tersebut disebabkan karena NPM yang juga terus mengalami kenaikan selama tiga tahun tersebut. Kenaikan NPM ini menunjukkan bahwa pengelolaan beban yang baik sehingga laba bersih perusahaan terus meningkat selama tiga tahun tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan : 1) Menciptakan biaya operasional yang rendah dengan hanya memproduksi produk-produk yang mempunyai daya serap tinggi di pasar dan menghindari pasar yang berdaya beli rendah 2) Melakukan pengendalian persediaan supaya perusahaan tidak mengalami “over stock” ataupun “out of stock” 3) Memperluas pangsa pasar dengan cara melakukan perbaikan promosi supaya dapat meningkatkan penjualan. 4) Memperbaiki kualitas pelayanan terhadap konsumen sehingga konsumen tidak lagi merasa kecewa atas pelayanan yang buruk sehingga pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat penjualan.

English Abstract

The analysis of financial performance is an analysis over the descriptions of company financial condition and the achievements acquired by company in a certain period. Du Pont System Analysis is a method to analyze company financial condition. It represents an analysis to show the relationship between NPM, asset circulation, debt and ROI to determine company ROE. The objective of Du Pont System Analysis is to understand how effective is the company in using all company assets and capitals to produce net profit in such that ROI and ROE rates of company can be recognized. Research aims to acknowledge financial performance of UD Az Zahra Food in period 2011-2013 if it is analyzed using Du Pont System Analysis. Type of research is descriptive. Data source includes primary and secondary data. Data collection technique is documentation and interview. Based on result of research, it is concluded that financial performance of UD Az Zahra Food in period 2011-2013, after being analyzed using Du Pont System Analysis, remains in quite good condition. It is shown by the increase of ROI and ROE in this three-year period. The increased ROI during this three-year period is caused by NPM which also increase at that period. The increase of NPM means that the management of expense has been favorable such that company net profit has increased during three-year period. Pursuant to result of research, it may be suggested that (1) operational cost can be lowered only by manufacturing products with high absorbability into market and avoiding the market with lower purchasing ability; (2) company inventory must be controlled such that company may not be in the conditions of “over-stock” or “out of stock”; (3) market share shall be enhanced by improving promotion to increase sale rate; and (4) the quality of service given to consumer must be improved such that consumer is not disappointed with bad service and it will influence sale rate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/583/051407334
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2014 11:04
Last Modified: 23 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116703
[thumbnail of 051407334.pdf]
Preview
Text
051407334.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item