Purnamasari, Yuanita Ayu (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Petugas Tempat Pelayanan Terpadu Dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan terbesar negara yang digunakan untuk membiayai pembangunan nasional. Dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak, sangat diperlukan budaya melayani yang baik dari instansi Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh variabel kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) dan tingkat pemahaman Wajib Pajak (X2) secara simultan dan parsial terhadap kepatuhan Wajib Pajak (Y). Metode Penelitian yang digunakan adalah metode explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 100 Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Surabaya Wonocolo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran rata-rata hasil jawaban responden untuk variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) adalah baik dengan nilai mean 4,05. Pada variabel Tingkat Pemahaman Wajib Pajak (X2) menunjukkan bahwa tingkat pemahaman wajib pajak baik dengan nilai mean 3,64. Sementara pada variabel kepatuhan Wajib Pajak (Y) menunjukkan bahwa kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surabaya Wonocolo tinggi dengan nilai mean 4,06. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak (X2) mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F dimana F hitung > F tabel yaitu 71,230 > 2,358 dan signifikansi < 0,1. Selain itu, nilai adjusted R2 sebesar 58,7% variabel kepatuhan Wajib Pajak akan dipengaruhi oleh variabel bebas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, seluruh variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepatuhan Wajib Pajak. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan nilai signifikansi < 0,1. Variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu merupakan variabel yang paling dominan.
English Abstract
Taxes is one of biggest sources from country resources used to fund the country’s national development. In an effort to increase tax revenue, needed a good serving of cultural government agencies. This research aims to clarify the influence of variable Service Quality of the Integrated Services Place Officers (X1) and variablethe level of taxpayer understanding(X2) simultaneously andpartially to Taxpayer Compliance (Y). The research method used was explanatory research methods using the questionnaire as a tool to capture data that is distributed to 100 Taxpayers registered in Surabaya Wonocolo Pratama Tax Service Office. Data analysis in this study uses descriptive analysis and multiple linear regression analysis with SPSS 21 version software Based on the results of the descriptive analysis of the obtained average results overview answers of respondents. For variable Service Quality of the Integrated Services Place Officers (X1) is agreed with the value of the mean 4.05. Onvariable the Level of Taxpayer Understanding(X2) most respondents give answers pretty familiar with the value of the mean 3,64. While on Taxpayer Compliance variable (Y) average answers respondents give answers agree with the mean value of 4.06. The results of multiple regression analysis showed that the variable Service Quality of the Integrated Services Place Officers (X1) and the level of taxpayer understanding (X2) has a simultaneously and significant influence on the variables Taxpayer Compliance (Y). This is indicated by the results of the F test where F count > F table is 71.230 > 2.358 and the significance < 0.1. In addition, the adjusted R2 values of 58.7% variable tax compliance will be affected by the independent variable in this study. Based on the results of the analysis of partial, all independent variables partial effect on the dependent variable is tax compliance. It can be seen from the results of the t test showed that t count > t table and the significance value < 0.1. Variable Service Quality of the Integrated Services Place Officers is the most dominant variable.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/577/051407326 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu,Tingkat pemahaman Wajib Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak; Service Quality of the Integrated Services Place Officers,The Level of Taxpayer Understanding to the Taxpayer Compliance, Taxpayer Compliance |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.29 Principles of taxation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 04 Nov 2014 09:30 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116696 |
Preview |
Text
SKRIPSI_LENGKAP_BURN.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |