Analisis Determinan Minat Keperilakuan Dalam Menggunakan Mobile Banking (Survei pada mahasiswa Strata Satu Universitas Brawijaya Malang)

Yanuardinda, Cornezzia (2014) Analisis Determinan Minat Keperilakuan Dalam Menggunakan Mobile Banking (Survei pada mahasiswa Strata Satu Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mobile Banking secara umum didefinisikan sebagai fasilitas perbankan melalui alat komunikasi bergerak yaitu ponsel atau handphone . Dengan penyediaan fasilitas yang sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash. Pihak perbankan berusaha memberikan pelayanan jasa yang terbaik bagi para nasabahnya dengan upaya mempermudah akses dalam melakukan transaksi melalui layanan jasa mobile banking. Pada penelitian ini peneliti menggunakan mahasiswa S1 sebagai sumber data karena mereka merupakan pengguna muda yang aktif terhadap perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu manfaat, kemudahan, risiko, norma sosial dan kesesuaian secara simultan dan parsial serta variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel dependen yaitu minat menggunakan mobile banking . Populasi yang digunakan adalah mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Sampel yang digunakan adalah berjumlah 180 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel manfaat (X1), kemudahan (X2), risiko (X3), norma sosial (4), dan kesesuaian (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking (Y) dengan nilai F hitung sebesar 31,950 dan signifikansi sebesar 0,000. Besarnya pengaruh variabel manfaat (X1), kemudahan (X2), risiko (X3), norma sosial (X4), dan kesesuaian (X5) terhadap minat menggunakan mobile banking (Y) adalah 51,6%, sedangkan 48,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dari penelitian lain. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel norma sosial (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nenggunakan mobile banking (Y), dimana nilai t hitung sebesar -0,677 dengan signifikansi 0,500. Sedangkan variabel yang berpengaruh secara dominan adalah kemudahan dengan nilai t hitung tertinggi sebesar 4,719 dengan signifikansi 0,000.

English Abstract

Mobile Banking is generally defined as a banking facility through the mobile communication device is a mobile phone or cell phone. By providing the same facilities with ATM unless taking cash. Bankers try to provide the best services for its customers with easier access attempts in the transaction through mobile banking services. In this study, researchers use students S1 as a source of data because they are young, active users of the technology development. This empirical research aims to investigate factors that determine behavioral intention to use mobile banking services by modified a model of Technology Acceptance Model (TAM) .The object of this research is students S1 of Brawijaya University by use a sample survey methodology. Questionnaires had been developed from 180 respondent. Out of the 180 questionaires, only 156 useable questionaires were returned. Results were subsequently analyzed by using multiple regression and factor analysis. F-test results of this study indicated that perceived usefulness (X1), perceived ease of use (X2), risk (X3), social norm (X4) and compatibility (X5) were found positively significant related with the behavioral intention to use mobile banking services with values F value 31,950 and significance of 0,000. The magnitude of the effect of variable usefulness (X1), ease of use (X2), risk (X3), social norm (X4), and compatiblity (X5) to behavioral intention to use mobile banking was 51,6%, while 48,4% is influenced by other variables that not discussed in this study. T-test results that in partial usefulness (X1), ease of use (X2), risk (X3), and compatibility (X5) were found significantly influence with behavioral intention to use mobile banking. Whereas, perceived risk (PR) were negatively impact to behavioral intention to use and however social norms (SN) was the only factor found insignificant with the t count value of social norm (X4) -0,677 and significance of 0,500. While the dominant variables that influence is ease of use (X2) with the largest t value 4,719 with a significance of 0,000.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/557/051407199
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:49
Last Modified: 19 Nov 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116675
[thumbnail of Skripsi_Cornezzia_Yanuardinda_(0910320035).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Cornezzia_Yanuardinda_(0910320035).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item