Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.getscoop.com)

Alhasanah, Jihan Ulya (2014) Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.getscoop.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia bisnis saat ini berkembang pesat diiringi dengan kemajuan teknologi yang menunjang kegiatan bisnis. Salah satunya ditandai dengan hadirnya teknologi informasi berupa internet. Internet inilah yang memiliki andil cukup besar pada kemunculan e-commerce. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di dunia maupun di Indonesia juga telah meningkatkan nilai pada e-commerce. Dengan adanya peningkatan nilai pada e-commerce mempengaruhi beberapa perkembangan konsep pemasaran khususnya pada perilaku konsumen secara online. Pada konsumen online melakukan transaksi secara online akan meningkatkan pertimbangan ketidakpastian dan resiko yang terjadi. Faktor pendukung pada kegiatan e-commerce adalah dengan adanya website. Pengukuran kualitas website yang dilakukan konsumen dapat membantu perusahaan e-commerce untuk melakukan optimasi dan perawatan web sesuai kebutuhan konsumen sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu, peneliti ingin menguji hubungan kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan terhadap keputusan pembelian online pada salah satu situse-commerce Indonesia yaitu www.getscoop.com. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yang menunjukkan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Variabel independent dalam penelitian ini adalah kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian online. Penelitian ini mengambil populasi di www.getscoop.com dengan jumlah sampel 150 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan aksidental dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ini, terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel kualitas web yaitu kegunaan dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online pada konsumen www.getscoop.com secara parsial. Namun secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan (benar dan meyakinkan) pada variabel kualitas informasi terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas interaksi layanan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel keputusan pembelian online.

English Abstract

The business world is growing rapidly accompanied by advances in technology that support business activities. One of advances in technology is the presence of internet technology. Internet has big contributed to the presence of e-commerce. Growth in number of internet users in the world and in Indonesia has also increased the value of e-commerce. Growth of e-commerce value affects marketing concept especially online consumer behavior. Online consumer transactions will increase the consideration of uncertainties and risks that occur. Supporting factor the activities of e-commerce is a website. Measurement of website quality that can help the company to perform the optimization and maintenance their web according to consumer needs, so that increase consumer trusts. Therefore, the researchers wanted to test the relationship usability, information quality, services interaction quality to the online purchase decision on one of the Indonesia’s e-commerce site that is www.getscoop.com. This research is explanatory research that shows a causal relationship between the variables of research by testing hypotheses. The independent variables in this study are the usability, information quality, service quality interaction. Dependent variable is an online purchase decision. The study population was all consumer of www.getscoop.com with a sample size of 150 respondents. Sampling technique using accidental sampling and data collection is done by dividing questionnaire online. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study are three independent variables; usability, information quality, and service interaction quality had statistically significant relationship with online purchase decision simultaneously. Two independent variables; usability and service interaction quality had statistically significant relationship with online purchase decision partially. However, information quality did not has statistically significant relationship with online purchase decision partially. Service interaction quality is the dominant variables that influences online purchase decision.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/555/051407197
Uncontrolled Keywords: Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, Web E-Commerce, Keputusan Pembelian Online; Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, E-Commerce, Online Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:41
Last Modified: 19 Nov 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116673
[thumbnail of JIHAN_U.A._105030200111109.pdf]
Preview
Text
JIHAN_U.A._105030200111109.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item