Implementasi Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) (Studi Pada UD. Iwek-P Adventure Kota Malang)

Randy, Muhammad Iqbal Dimasz (2014) Implementasi Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) (Studi Pada UD. Iwek-P Adventure Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan telah memasuki hampir seluruh bidang. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengguna komputer, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan perusahaan atau bisnis. Perkembangan ini memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat, yakni dengan akses informasi yang cepat, efektif dan efisien. Salah satu sistem informasi yang memanfaatkan internet di bidang bisnis adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Melalui CRM, perusahaan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, tidak hanya berinteraksi secara langsung tapi juga pada saat online, maka CRM hadir sebagai solusi agar pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan setiap saat. Selain itu perusahaan dapat mengelola informasi tentang pelanggan dan menganalisa keinginan pelanggan demi mendapatkan kesetiaan pelanggan. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan jenis action reseach . Menurut Damayanti (2013:67) pendekatan jenis action reseach bertujuan mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain. Peneliti menggunakan pendekatan action reseach ini sebagai tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan. Alternatif solusi atau rekomendasi sistem informasi CRM yang diusulkan oleh peneliti melalui implementasi sistem informasi CRM dengan Zurmo CRM yang berbasis open source . Hasil dari implementasi sistem informasi CRM adalah pengelolaan manajemen antara perusahaan dengan hubungan pelanggan menjadi lebih mudah dalam dilakukan. Menjalin hubungan dengan pelanggan akan lebih efektif dan efisien karena menggunakan sistem informasi yang terintegrasi.

English Abstract

This time information technology is progressing rapidly and has entered into almost all fields. This was marked with the number computer users, both for personal interests and for the sake of company or business. These developments have a positive impact on the life of the people, that is, by access to information that quickly, effective and efficient. One of the information system that is using internet in areas of business is Enterprise Resource Planning (ERP). Through Customer Relationship Management, companies can improve interaction with customers, not only interact directly but also at the time online, and Customer Relationship Management was present as solution to our customers can interact with each time. In addition, companies can manage information about our customers customers and analyze customer loyalty in order to have. Types of Research that is done is qualitative research, approaches that used in this research is approach one type of action reseach. According to Damayanti (2013:67) approach type of action reseach aims to develop their skills and new skills or how new approaches and to solve the problem with direct application in the working world or the world actual another. Researchers are using this approach action reseach as a follow-up from the research carried out. Alternative solution or recommendation Customer Relationship Management information system that was proposed by researchers through the implementation of information system with Customer Relationship Management Zurmo Customer Relationship Management that based on open source. Result of implementation of information system Customer Relationship Management is management between companies and customer relationship become easier in will be done. To enter into a relationship with customers will be more effective and efficient because it uses information system that is integrated.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/554/051407196
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:34
Last Modified: 19 Nov 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116672
[thumbnail of M._Iqbal_D._R_(105030200111082).pdf]
Preview
Text
M._Iqbal_D._R_(105030200111082).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item